Arab Saudi Bakal Gelar Balapan F1, Lokasinya di Jeddah

Doni Wahyudi - detikOto
Jumat, 06 Nov 2020 20:39 WIB
NUERBURG, GERMANY - OCTOBER 10: Valtteri Bottas of Finland driving the (77) Mercedes AMG Petronas F1 Team Mercedes W11 on track during qualifying ahead of the F1 Eifel Grand Prix at Nuerburgring on October 10, 2020 in Nuerburg, Germany. (Photo by Bryn Lennon/Getty Images)
F1 akan mampir ke Arab Saudi tahun 2021. Balapan akan dilangsungkan di Jeddah (Getty Images/Bryn Lennon)
Jakarta -

Arab Saudi akan menjadi negara tuan rumah baru di musim balap F1 2021. Negara tersebut akan menggelar balapan malam yang dilangsungkan di Kota Jeddah.

Kabar Arab Saudi akan menjadi tuan rumah balapan F1 dikonfirmasi langsung oleh pihak penyelenggara setempat. Kabarnya race akan dilangsungkan di jalan raya dan akan berupa night race alias balapan malam.

"Arab Saudi adalah negara yang dengan cepat menjadi sarana untuk olahraga dan hiburan dengan banyak event besar sudah dilangsungkan di sana pada beberapa tahun terakhir. Dan kami dengan bangga menyatakan Formula 1 akan digelar di sana mulai musim depan," ungkap Presiden F1, Chase Carey, dalam pernyataan resminya dikutip dari Financial Express.

Seri F1 Arab Saudi rencananya akan dilangsungkan pada November. Itu akan menjadi balapan ketiga yang digelar di jazirah Arab. Negara lain yang sudah lebih dulu jadi tuan rumah balapan jet darat tersebut adalah Bahrain dan Abu Dhabi.

An aerial view shows deserted streets in the Saudi coastal city of Jeddah on April 21, 2020, during the novel coronavirus pandemic crisis. (Photo by Bandar al-DANDANI / AFP)Jalanan Kota Jeddah akan menggalr balapan malam F1 mulai tahun depan Foto: AFP/BANDAR AL-DANDANI

Balapan di jalanan Jeddah kabarnya hanya akan bersifat sementara. Nantinya mulai 2023 balapan akan dihelat di Qiddiyah City, di mana saat ini sirkuit tersebut masih dalam proyek pembangunan.

Gelaran F1 akan menambah semarak event olahraga yang digelar di Arab Saudi. Negara tersebut saat ini sudah menjadi tuan rumah balapan Formula E dalam dua tahun terakhir, plus menghelat Dakar Rally tahun 2019.

Itu belum termasuk cabang olahraga lain seperti sepakbola, tinju, tenis dan beragam lainnya.

Tapi rencana menggelar balapan di Arab Saudi bukannya tanpa tentangan. Amnesti Internasional mengeluarkan pernyataan pekan lalu yang menyingung soal catatan pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan negara tersebut.

Terkait jadwal F1 musim 2021, FIA sampai saat ini belum mengeluarkan pengumuman resmi. Namun kalender sementara diyakini akan dirilis dalam waktu dekat ini.



Simak Video "Kedubes Arab Saudi di Belanda Ditembaki!"
[Gambas:Video 20detik]
(din/riar)