Ini Desain Livery Motor MotoGP Indonesia, Ada Logo Pertamina dan Pegadaian

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 23 Okt 2020 15:28 WIB
Desain livery motor MotoGP Indonesia
Desain livery motor MotoGP Indonesia. (Instagram @mandalikaracingteam)
Jakarta -

Indonesia mengonfirmasi keikutsertaan di ajang balap MotoGP 2021. Tim MotoGP Indonesia akan berpartisipasi di kelas Moto2, dengan nama Mandalika Racing Team Indonesia. Desain livery motor MotoGP Indonesia pun sudah beredar luas di jagat media sosial.

Gambar rendering desain livery motor MotoGP Indonesia diunggah oleh akun Instagram @mandalikaracingteam (19/10). Dari satu potongan gambar yang diunggah, kita sudah bisa memperkirakan seperti apakah nantinya warna dan grafis motor yang bakal 'dipiloti' oleh Dimas Ekky Pratama itu.

Dari sisi warna, motor Moto2 tim MotoGP Indonesia bakal mengombinasikan warna merah dan putih sesuai dengan warna bendera Republik Indonesia.

Desain livery motor MotoGP IndonesiaDesain livery motor MotoGP Indonesia Foto: Instagram @mandalikaracingteam

Warna merah disematkan pada area fascia, spakbor depan, tangki, bodi bawah belakang, dan sedikit di area engine guard. Sementara warna putih dilabur di bagian fairing dan seat cover belakang.

Sejumlah logo sponsor dari perusahaan BUMN pun nangkring di bodi motor ini. Ada logo Pertamina yang besar di bagian fairing, kemudian ada juga logo bank BNI 46, Telkom Indonesia, termasuk logo Pegadaian di bagian tangki. Terdapat juga logo dan slogan Wonderful Indonesia di bodi samping belakang.

Selain logo perusahaan lokal, logo brand aftermarket dan motor Moto2 pun melekat di motor MotoGP Indonesia, mulai Dunlop, RCB, Akrapovic, hingga logo Triumph.

Menurut Ketua Tim MotoGP Indonesia, Rapsel Ali, merek dan logo brand yang ada gambar motor MotoGP Indonesia itu masih belum final. Artinya masih ada peluang mengganti, mengurangi, atau menambah jumlah logo sponsor tersebut.

"Sementara masih menunggu finalisasi sponsor," kata Rapsel Ali, melalui pesan singkat kepada detikOto, Jumat (23/10).

Adapun alasan penyematan sejumlah logo perusahaan milik negara di motor MotoGP Indonesia, karena Kementerian BUMN diinstruksikan untuk berperan aktif mendukung tim Indonesia di kancah balap motor terpopuler di dunia itu.

"Sementra pembahasan, prinsipnya pada saat kunjungan reses Komisi 6 DPR di Bali dengan Kementerian BUMN, secara resmi diinstruksikan ke Kementrian BUMN untuk mendukung kegiatan tim MotoGP Indonesia," tambahnya.

Kabarnya Tim MotoGP Indonesia akan mengikuti seluruh kalender balapan pada musim 2021 (full season). Jadi tidak menjadi tim wildcard saat MotoGP Mandalika, Lombok, saja. Dua perusahaan BUMN, Pertamina dan Garuda disebut-sebut bakal menjadi salah satu sponsor.

Sementara untuk motornya, Tim MotoGP Indonesia bakal pakai mesin Triumph berkapasitas 765 cc. Mesin itu diambil dari basis motor produksi massal Triumph, seperti Triumph Street Triple. Soal performa, mesin ini mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 140 daya kuda pada 14.000 rpm.



Simak Video "Mandalika Masuk Sebagai Cadangan di Kalender MotoGP 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)