Jumat, 16 Okt 2020 09:12 WIB

Rossi yang Malang di 2020: Didepak Yamaha, Nyaris Mati, Crash Terus, Kini Kena Corona

Doni Wahyudi - detikOto
thumbnail video valentino rossi Valentino Rossi menjalani musim yang sangat berat di MotoGP 2020. Dia baru saja mengumunmkan positif corona (Dorna)
Jakarta -

Virus Corona yang menjangkiti Valentino Rossi menambah serangkaian 'kemalangan' The Doctor di MotoGP 2020 ini.

Rossi beberapa jam lalu mengumunkan kalau dirinya positif virus corona. Melalui akun media sosial miliknya, pria 41 tahun itu menyebut kalau pada awalnya dia merasa tak enak badan sampai kemudian menjalani serangkaian tes.

Positif virus corona membuat Rossi dipastikan absen pada balapan MotoGP Aragon di akhir pekan ini. Sebagaimana Luca Marini di Moto2 yang sempat absen karena virus corona, paling tidak The Doctor akan menepi pada dua balapan. Itu semua tergantu proses pemulihan dan kesembuhan Rossi.

Terjangkit virus corona menambah panjang 'kemalangan' Rossi di tahun 2020 ini. Di ujung kariernya pada kelas MotoGP, dia diadang berbagai masalah.

Tahun 2020 diawali dengan dia kehilangan posisi di tim pabrikan Yamaha. Rossi harus merelakan motornya diambil Fabio Quartararo, yang diberikan promosi dari tim satelit Petronas Yamaha.

Melalui proses yang panjang, Rossi akhirnya memutuskan gabung dengan Petronas Yamaha di MotoGP 2021. Meski berada di tim satelit, dia dijanjikan dapat perlakuan dan pelayanan selayaknya pebalap pabrikan. Termasuk dalam hal pilihan motor.

Hal lain yang membuat 2020 begitu berat untuk Rossi adalah tentang performa dia di atas lintasan. The Doctor sejauh musim ini berjalan sudah empat kali mengalami crash, termasuk tiga yang dia alami secara beruntun.

Jumlah crash Rossi dari sembilan seri yang sudah dijalani musim ini sama dengan yang dia alami sepanjang MotoGP 2019.

Sebelum positif corona, Rossi sempat juga nyaris dihampiri maut. Itu terjadi di MotoGP Austria, saat dia nyaris dihantam motor melayang Johann Zarco dan Franco Morbidelli.

[Gambas:Youtube]



"Saya sangat takut. Saya gemetar, melanjutkan balapa terasa berat. Saya mengambil risiko terbesar dalam karier saya. Saya melihat bayangan, saya pikir itu bayangan helikopter di atas, kadang itu terjadi saat helikopter melintas menghasilkan bayangan, Tapi ternyata dua 'peluru' mendekat," kisah Rossi saat itu.

Kini, saat musim MotoGP 2020 menyisakan lima balapan, Rossi dapat kabar buruk lain saat dirinya positif corona. Meski dipastikan absen di Aragon, belum diketahui berapa lama dia akan menepi.

GWS, Doc!



Simak Video "Insiden Rossi di MotoGP 2020: Motor Mogok hingga Low Side"
[Gambas:Video 20detik]
(din/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com