Senin, 28 Sep 2020 18:41 WIB

Lagi! Pebalap Jatuh Karena Ngerem Depan saat Nikung, Dovi Ikut Terseret

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Insiden Johann Zarco dengan Andrea Dovizioso di MotoGP Catalunya 2020. (AP Photo/Joan Monfort) Zarco jatuh gara-gara tekan rem depan saat menikung. Foto: AP/Joan Monfort
Jakarta -

Kecelakaan akibat menekan tuas rem depan kembali terjadi di MotoGP 2020. Pada gelaran MotoGP Catalunya semalam, Johann Zarco mengalami hal itu ketika balapan baru saja dimulai. Andrea Dovizioso pun terseret jatuh juga.

Balapan MotoGP membutuhkan keseimbangan. Apalagi ketika menikung dengan sudut kemiringan yang ekstrem, salah sedikit pebalap bisa terjatuh. Hal itulah yang dialami Zarco.

Ia tak menekan tuas rem depan saat motor masih miring menikung. Johann Zarco harus mengerem di tikungan kedua di Catalonia karena Danilo Petruci hampir bertabrakan dengan Pol Espargaro. Zarco kaget, ia pun langsung menekan tuas rem. Akibatnya, motor langsung terpeleset, Dovizioso yang berada di sebelahnya ikut terseret.

"(Danilo) Petrucci mengalami momen yang mengagetkan karena dia harus menghindari menyentuh motor KTM. Saya harus memperlambat kecepatan untuk menghindari menabraknya. Tidak sulit, tapi begitu saya menekan rem depan saat saya menikung, saya terjatuh. Itu memalukan bagi saya dan Dovi, tapi sayangnya, itulah balapan," kata Zarco seperti dikutip Speedweek.

"Tikungan kedua ini berada pada batasnya karena suhu, terbukti dengan kecelakaan lain setelahnya," lanjut pebalap Avintia Ducati itu. "Saya kecewa karena saya memperkirakan hasil yang bagus. Tapi tidak. Setidaknya saya tidak terluka. Dan sekarang saya menantikan Le Mans, meskipun saya berharap cuacanya tidak terlalu dingin. Tapi Michelin selalu membawa beberapa ban yang sangat lembut di sana sehingga kami dapat menahan suhu rendah dengan lebih baik."

Kecelakaan gara-gara menekan tuas rem depan saat menikung juga dialami Valentino Rossi di balapan MotoGP Emilia Romagna sepekan sebelumnya. Saat itu, Rossi tidak sengaja menekan tuas rem. Pebalap 41 tahun itu pun tergelincir ke luar lintasan.

"Kami tiba dalam kelompok di tikungan empat dan saya pasti telah melakukan sesuatu yang salah. Saya tidak sengaja menekan tuas rem. Kadang-kadang itu terjadi. Sepertinya terakhir kali hal itu terjadi pada saya adalah (saat sesi) pemanasan beberapa tahun yang lalu," kata Rossi seperti dikutip GP One.

Menurutnya, ketidaksengajaan menekan tuas rem depan membuat ban depan terkunci. Hal itu membuat Rossi kehilangan grip ban depan dan jatuh.



Simak Video "Zarco Jawab Pertanyaan Fans Indonesia, Quartararo Kok Ketawa?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com