Senin, 28 Sep 2020 17:23 WIB

Sejarah Terulang! Dua Pebalap Suzuki Podium Bersama

Rizki Pratama - detikOto
BARCELONA, SPAIN - SEPTEMBER 27: Alex Rins of Spain and Team Suzuki ECSTAR celebrates the third place on the podium at the end of the MotoGP race during the MotoGP of Catalunya: Race during the MotoGP of Catalunya at Circuit de Barcelona-Catalunya on September 27, 2020 in Barcelona, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Alex Rins akhirnya naik podium lagi. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Alex Rins akhirnya naik podium untuk yang pertama kalinya di MotoGP 2020. Torehan ini juga menjadi catatan menarik pula bagi tim Suzuki sebab Joan Mir juga mendampingi Rins di atas podium MotoGP Catalunya.

Ada angka menarik untuk Suzuki di balapan ini, yaitu angka 13. Pertama, Rins memulai balapan di urutan ke-13 sebelum akhirnya finis di urutan ke-3. Kedua, Rins menjadi pebalap ke-13 berbeda yang naik podium di MotoGP 2020. Ketiga, hasil ini juga menjadi yang pertama kalinya untuk Suzuki menempatkan dua pebalapnya di podium sejak tahun 2007 lalu atau tepatnya 13 tahun lalu. Kala itu John Hopkins dan Chris Vermeulen berakhir finis di urutan kedua dan ketiga MotoGP Misano.

Rins tentunya sangat gembira dengan performa yang ia ukirkan di MotoGP Catalunya musim ini.

"Rasanya luar biasa bisa kembali seperti ini untuk pertama kalinya sejak Silverstone, saya telah berusaha untuk memperebutkan podium dan pada akhirnya kami mendapatkannya," ungkap Rins.

Rins memulai MotoGP 2020 sebagai kandidat juara, akan tetapi ini menjadi musim yang berat bagi pebalap Suzuki tersebut setelah mengalami dislokasi bahu di Jerez.

Ia pun sempat nyaris meraih kemenangan di Austria namun akhirnya jatuh. Baru lah di MotoGP Catalunya Rins kembali naik ke atas podium.

"Semua orang tahu bahu saya terkilir dan setelah Jerez dan Brno saya berpikir, saya merasa 100% karena saya tidak merasakan sakit pada tulang jadi untuk tubuh dan pikiran saya, sulit untuk memahami mengapa saya tidak bisa naik podium di balapan sebelumnya," ujar Rins.

Pebalap berdarah Spanyol ini tentu tak lupa mengucapkan terima kasih pada timnya yang telah membantu dan memberikan semangat. Kendati kesempatan juara MotoGP masih terbuka, Rins saat ini menjadikan rekan setimnya sebagai motivasi untuk bersaing.

Rins kini berada di peringkat ke-8 klasemen sementara MotoGP dengan mengemas 60 poin, terpaut 40 poin dari Mir yang berada di peringkat ke-2.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tim saya karena mereka memberi saya motivasi untuk berada di sana dan berjuang. Ini tidak mudah, musim 2020 ini naik turun. Orang pertama yang ingin Anda kalahkan adalah rekan satu tim Anda, jadi saya berusaha keras dan mengalahkannya, dia melakukan musim yang bagus jadi mari kita lihat," tutupnya.

[Gambas:Video CNN]




(rip/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com