Senin, 28 Sep 2020 07:39 WIB

Apa yang Bikin Rossi Jatuh?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
BARCELONA, SPAIN - SEPTEMBER 26: Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team speaks during the Valentino Rossi and Lin Jarvis: an exceptional press conference during qualifying for the MotoGP of Catalunya at Circuit de Barcelona-Catalunya on September 26, 2020 in Barcelona, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Valentino Rossi. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Valentino Rossi harus kehilangan kesempatan memijak podium ke-200 di MotoGP Catalunya, semalam. Pebalap 41 tahun itu terjatuh saat ia berada di posisi kedua.

Di depan Rossi saat itu hanya ada Fabio Quartararo. Jaraknya pun hanya 0,7 detik. Sayangnya, bencana menimpa Rossi. Ia terjatuh di tikungan kedua. Apa yang bikin Rossi terjatuh?

Rossi kehilangan cengkeraman ban depan ketika membalikkan Yamaha YZR-M1 dari kanan ke kiri untuk masuk ke tikungan dua. Ban depannya terpeleset. Dikutip Crash, Rossi menuding temperatur aspal yang terlalu 'dingin' membuat cengkeraman ban depannya hilang.

"Saya gaspol karena saya ingin tetap dekat dengan Fabio, tetapi hari ini suhunya sangat rendah dan Tikungan 2 selalu berbahaya karena di sebelah kiri Anda memiliki suhu yang lebih rendah di ban depan," kata Rossi.

"Mungkin saya ngegas terlalu banyak di tikungan dan saya kehilangan (cengkeraman) bagian depan."

"Melihat data, ini benar-benar mirip dengan lap sebelumnya tetapi dengan suhu ini, saya perlu lebih memperhatikan di sisi kiri."

Jika tidak terjatuh, Rossi sangat optimistis bisa menang balapan. Sebab, performa ban Quartararo terus menurun. Terakhir, Rossi memenangi balapan MotoGP pada musim 2017.

"Pada awalnya, kami memiliki kecepatan yang bagus tetapi saya mencoba untuk balapan dengan sangat manis untuk ban depan dan belakang karena saya tahu, seperti semua orang, bahwa pada akhir balapan kami akan menderita. Jadi kami tetap di depan, tetapi saya tidak terlalu memaksakan diri untuk berada di sana," ujar The Doctor.

"Fabio, Franco, dan saya adalah yang tercepat di bagian pertama balapan. Dan kami sangat dekat. Mungkin Fabio sedikit lebih baik, tetapi ketika (performa) ban banyak turun, Quartararo juga kehilangan banyak di lap terakhir."

"Kami tidak akan pernah tahu karena saya mengalami kecelakaan, tetapi jika saya kurang mampu memperlambat (darinya) karena mungkin saya sedikit lebih baik di lap terakhir, saya juga bisa menang," tukasnya.



Simak Video "Gagal Podium Lagi, Rossi Jatuh Saat Kejar Quartararo"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com