Senin, 07 Sep 2020 16:39 WIB

Marc Marquez Lagi Absen, Yamaha Malah Gagal Manfaatkan Kesempatan

Doni Wahyudi - detikOto
Repsol Honda Teams Spanish rider Marc Marquez rides ahead Petronas Yamaha SRTs French rider Fabio Quartararo during the MotoGP race of the MotoGP Valencia Grand Prix at the Ricardo Tormo racetrack in Cheste near Valencia, on November 17, 2019. (Photo by JOSE JORDAN / AFP) Marc Marquez absen, tapi Yamaha gagal memanfaatkan momen itu untuk menguasai musim MotoGP 2020 ((JOSE JORDAN / AFP)
Jakarta -

Harusnya ketiadaan Marc Marquez jadi peluang bagus untuk Yamaha menguasai MotoGP 2020. Tapi yang terjadi malah sebaliknya, kesempatan tersebut disia-siakan.

Marquez tak pernah lagi turun ke lintasan setelah mengalami kecelakaan hebat pada MotoGP Spanyol. Dia sebenarnya berniat comeback sepekan berselang, usai menjalani operasi, tapi lantas batal karena kondisinya tak cukup baik dan malah memburuk.

Pada dua balapan pertama tanpa Marquez, Yamaha menunjukkan tanda-tanda mereka akan bisa menguasai musim 2020. Fabio Quartararo menyapu bersih kemenangan pada dua race di Jerez.

Tapi setelah dua kemenangan di Jerez itu Yamaha malah mengendur. Bukan cuma itu, pabrikan asal Jepang itu malah dihantam masalah berat soal kondisi mesinnya. Dalam beberapa balapan, motor Yamaha masuk rombongan motor paling pelan.

"Bisa dibilang begini, entah bagaimana, kami membuang percuma momen absennya Marc Marquez," kata manajer Tim Yamaha, Maio Meregalli.

"Tentu saja beberapa orang menyukainya, dan yang lain tidak suka (dengan absennya Marquez). Kami harus memaksimalkan mereka yang tidak ada di sana," lanjut dia dalam wawancaranya dengan DAZN dikutip dari Corsedimoto.

Maregalli lantas menyoroti serangkaian masalah yang didapat Yamaha musim ini. Mulai soal ban, mesin, hingga rem blong yang dialami Maverick Vinales.

"Di olahraga ini tidak mudah untuk membuat perencanaan-perencanaan, lalu ada banyak faktor yang akan berpengaruh pada hasil akhir. Saya pikir sulit untuk membuat penilaian. Itu merupakan penggabungan dari berbagai kondisi, yang sayangnya membuat kami jadi tidak bisa menampilkan yang terbaik."



Simak Video "Sah! Valentino Rossi Gabung Petronas Yamaha"
[Gambas:Video 20detik]
(din/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com