Jumat, 14 Agu 2020 14:39 WIB

KTM Bukan Lagi Anak Kemarin Sore di MotoGP 2020

Luthfi Anshori - detikOto
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 25: Brad Binder of Germany and Red Bull KTM Factory Racing  rounds the bend during the MotoGP of Andalucia - Qualifying at Circuito de Jerez on July 25, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Pebalap Red Bull KTM Factory Racing Brad Binder. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

KTM berhasil mematahkan prediksi banyak orang dengan menjuarai MotoGP Ceko 2020. Pabrikan asal Austria sukses mengulangi prestasi Ducati yang menjadi juara baru MotoGP pada 2013 silam. KTM juga terbilang fenomenal karena mengukir prestasi itu di balapan ketiganya musim ini.

Sukses KTM tentunya tidak terjadi secara instan. Sejak memulai musim MotoGP pertamanya di tahun 2017 lalu, KTM memulai segala sesuatunya dari nol. Maklum, pabrikan ini tidak punya rekam jejak di ajang balap MotoGP. Tidak seperti Suzuki dan Aprilia - yang meski tergolong tim baru - tapi sudah pernah mencici balap motor kasta tertinggi.

Meski tim baru, di 3 musim pertamanya KTM mencatatkan performa cukup baik. Posisi pebalap KTM Red Bull KTM Factory Racing Pol Espargaro di klasemen akhir terus meningkat, pada 2017 posisi 17, 2018 di posisi 14, dan 2019 ia mengamankan posisi ke-11.

Di seri-seri awal MotoGP 2020, KTM juga memperlihatkan konsistensi dengan selalu finis di posisi 10 besar. Di seri Andalusia, Pol Espargaro finis ke-6 dan di seri Andalusia finis ke-7. Di MotoGP Ceko, Pol Espargaro harus mengalami crash setelah bersenggolan dengan Johann Zarco. Namun kompatriotnya, Brad Binder terus melesat dan sukses mengantarkan KTM juara dunia pertama kalinya.

Atas hasil gemilang itu, Kepala KTM Motorsport Pit Beirer pun merasa senang bukan kepalang. "Saat ini sangat emosional karena pertarungan yang panjang dan pada awal proyek, kami memulai tanpa hasil," kata Beirer, dikutip dari Visordown.

"Selembar kertas kosong. Ketika Anda memutuskan untuk pergi ke balap MotoGP, Anda ingin melihat motornya, tetapi pada awalnya tidak ada apa-apa," sambungnya.

"Kemudian ketika Anda memiliki motor yang Anda kendarai untuk pertama kali, balapan untuk pertama kalinya, Anda mendapat pukulan yang buruk di trek balapan oleh pesaing. Dan kemudian berada dalam posisi untuk mengatakan kami telah memenangkan balapan MotoGP pertama kami adalah momen yang luar biasa," ungkap Beirer.

Bicara soal motor, tanpa fisik pebalap yang baik, KTM RC16 bakal sulit dikendarai. Terlebih motor ini memiliki beberapa set up yang berbeda dengan motor MotoGP pada umumnya. Seperti rangkanya yang menggunakan bahan baja ketimbang aluminium seperti motor lainnya. Selain itu, KTM RC16 juga lebih memilih sokbreker WP daripada Ohlins.

Dengan hengkangnya Pol Espargaro ke Repsol Honda musim depan, KTM akan kehilangan salah satu pebalap terbaiknya. Namun hadirnya Brad Binder yang sukses mencetak sejarah di KTM memberi harapan baru di tim yang identik dengan warna orange itu.

Seri keempat MotoGP 2020 bakal dilangsungkan Sirkuit Redbull Ring, Spielberg, Austria, Minggu (16/8/2020). Berlaga di kandang sendiri, KTM diunggulkan meraih podium di sini.

===

Saksikan live streaming MotoGP Austria di detikOto, Minggu (16/8) pukul 19.00 WIB. Tayangan yang sama bisa disaksikan secara langsung di Trans7.



Simak Video "Tampil Oke, Joan Mir 'Tikung' Jack Miller Jelang Finis"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com