Rabu, 22 Jul 2020 14:59 WIB

Motor Rossi Bermasalah, Ada Peringatan Merah Semuanya Jadi Melambat

Rangga Rahadiansyah - detikOto
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 15:   Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team heads down a  straight during the MotoGP tests at the Circuito de Jerez on July 15, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Valentino Rossi. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jerez -

Valentino Rossi tak bisa tampil maksimal di MotoGP Spanyol 2020 yang digelar akhir pekan kemarin di sirkuit Jerez. Pebalap 41 tahun ini tak bisa menyelesaikan balapan sampai finis.

Pada 7 lap sebelum finis, Rossi harus kembali ke pit lantaran motornya bermasalah. Motor Yamaha M1 tunggangannya mengirimkan sinyal peringatan merah yang memaksa Rossi menghentikan motornya.

"Saya punya masalah dengan motor. Motor memberikan sinyal merah dan saya berhenti. Kami punya masalah, masalah teknis," kata Rossi seperti dikutip Motorsport.

"Saya punya masalah saat keluar (dari tikungan terakhir) ke lintasan lurus, di saat keluar dari tikungan terakhir."

"Motornya memberikan sinyal, dan ketika Anda mendapatkan sinyal merah, semuanya melambat, karena itu berarti sesuatu telah terjadi," sambung pebalap asal Italia itu.

Sampai saat ini, belum ada konfirmasi dari Yamaha terkait masalah yang dialami motor Rossi.

Sebelum mengakhiri balapan karena masalah teknis, Rossi berjibaku dengan masalah pada ban. Pebalap berjuluk The Doctor itu menghabiskan akhir pekan kemarin untuk berjuang dengan traksi ban belakang. Masalah itu sering dialami Rossi dalam beberapa tahun terakhir.

"Bagi saya, masalahnya adalah karena beberapa alasan kami tidak membuat ban bekerja dengan baik. Saya punya banyak masalah dan soal (ban) belakang, semua pebalap menggunakan soft. Masalahnya adalah bahwa jika semua pebalap start dengan soft, jika Anda start dengan ban hard atau medium di belakang, Anda sudah rugi karena (ban) yang lebih keras memiliki traksi yang lebih sedikit," katanya.

"Untuk mendapat kesempatan, Anda harus mencoba kinerja ban belakang dengan yang soft. Dan untuk ban depan, saya tidak ingin mengatakan itu adalah pertaruhan, tapi kami sering mencoba yang soft dan perbedaannya sangat sedikit. Jadi, kami mencoba, saya dan Maverick (Vinales) memasang soft. Mungkin dengan susah payah kami bisa sedikit lebih cepat. Tapi itu bukan masalah besar. Masalahku datang dari (ban) belakang," sambungnya.

Untuk akhir pekan ini, balapan MotoGP akan kembali digelar di sirkuit Jerez. Rossi menyebut, untuk balapan pekan ini pihaknya harus banyak berubah.

"Kami harus mencoba sesuatu yang lain karena sering kali kami mengalami masalah ini selama akhir pekan dan dalam balapan dan pada saat ini kami tidak dapat memperbaikinya," ujarnya.



Simak Video "Valentino Rossi Positif Corona, Absen di MotoGP Aragon"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com