Kamis, 16 Jul 2020 15:25 WIB

Belum Deal, tapi Valentino Rossi 99% Gabung Petronas

Ridwan Arifin - detikOto
Monster Energy Yamaha MotoGP Italian driver Valentino Rossi attends a press conference at the Ricardo Tormo racetrack, in Cheste, near Valencia, on November 14, 2019 ahead of the Valencia Grand Prix. (Photo by JOSE JORDAN / STR / AFP) Valentino Rossi 99% gabung Petronas (AFP/JOSE JORDAN)
Jakarta -

Masa depan Valentino Rossi di MotoGP musim depan belum jelas. Rider Italia itu dikabarkan akan berlabuh ke tim satelit Yamaha, Petronas Yamaha SRT.

Legenda hidup MotoGP ini mengkonfirmasi kabar kedekatannya dengan Petronas Yamaha SRT, tapi sekaligus menepis hoax jika dirinya sudah resmi menandatangi kontrak dengan tim satelit itu.

"Kabar saya sudah teken kontrak (dengan Petronas Yamaha SRT-Red) itu berita palsu," jelas Rossi seperti dikutip dari Crash, Kamis (16/7/2020).

Rossi mengkonfirmasi dirinya sudah memiliki berkomunikasi dengan Petronas Yamaha SRT, dan hampir menemui kesepakatan.

Meski penampilan Rossi bersama Yamaha memang sedang menurun dalam tiga musim terakhir. Rider 41 tahun itu cuma menang di satu seri, yakni di MotoGP Belanda 2017.

Setelah itu, Rossi kesulitan bersaing dengan pebalap-pebalap papan atas. Rossi sudah puasa kemenangan dalam 46 balapan. The Doctor belum memutuskan pensiun di musim depan.

Saat ini Rossi tengah berdiskusi dengan Petronas Yamaha, terkait dengan crew yang bakal mendukung dirinya. Rossi disebut ingin membawa timya sendiri, yang dikepalai David Munoz sejak Oktober 2019.

"Kami memiliki beberapa hal detail untuk diperbaiki terutama tim, orang-orang yang akan bekerja untuk saya. Tetapi 99 % saya akan balapan dengan Petronas 2021. Bahkan jika saya belum teken kontrak sekalipun," ucap Rossi.

Rencana kepindahan Rossi ke Petronas juga dibenarkan Manajer Tim Petronas, Johan Stigefelt. Meski begitu, pria asal Swedia itu menyebut negosiasi dengan Rossi belum deal.

"Seperti yang semua orang tahu, kami memang sedang bernegosiasi dengannya dan itu butuh waktu. Tak mudah memang, banyak hal yang didiskusikan dan harus disepakati. Semoga semuanya akan jelas dalam waktu dekat," ujar Stigefelt kepada GPOne.

Tim pabrikan Yamaha sudah menentukan line up untuk MotoGP 2021. Ada perubahan satu pebalap, Rossi ditendang, digantikan oleh Fabio Quartararo. Maverick Vinales dipertahankan oleh tim Garpu Tala.

Bila demikian, Valentino Rossi akan setim dengan anak didiknya VR46, Franco Morbidelli musim depan mengisi pos kosong yang ditinggalkkan Fabio Quartararo.

=====

Mulai akhir pekan ini detikOto akan menayangkan live streaming MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez. Saksikan pada Minggu (19/7) pukul 19.00 WIB



Simak Video "Rossi Gaspol di MotoGP Ceko: Start Posisi 10, Finis Kelima"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com