Sabtu, 20 Jun 2020 13:32 WIB

Jadwal MotoGP 2020: Jalan Mulus Marc Marquez Jadi Juara Dunia Lagi

Doni Wahyudi - detikOto
KUALA LUMPUR, MALAYSIA - FEBRUARY 08: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team rounds the bend during the MotoGP Pre-Season Tests at Sepang Circuit on February 08, 2020 in Kuala Lumpur, Malaysia. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Marc Marquez dominan pada sirkuit-sirkuit yang sudah dipilih untuk menggelar balapan MotoGP 2020 (Mirco Lazzari gp / Getty Images)
Jakarta -

Dorna Sports sudah merilis jadwal MotoGP 2020 yang akan dimulai Juli mendatang. Dari 13 balapan yang sudah diagendakan, Marc Marquez tampil dominan di mayoritas lintasan tersebut.

Setelah seharusnya dimulai pada medio Maret, Dorna akhirnya mengumumkan MotoGP akan memulai balapan pada 19 Juli di Spanyol. Dalam rilisnya ketika itu, Dorna mencantumkan 13 balapan yang semuanya berada di Eropa. Ada empat balapan lain yang statusnya tunda di luar Eropa, namun sampai kini belum ada kepastian soal nasib race-race tersebut.

Jika membedah hasil yang diraih para pebalap di delapan lintasan tersebut, Marquez adalah rider yang paling dominan. Musim lalu, Marquez memenangi tujuh dari delapan balapan tersebut. Tahun 2019 Marquez memang sangat perkasa, dia memenangi 12 balapan dan enam kali finis di posisi dua.



Sirkuit Jerez jadi milik Honda dalam tiga tahun terakhir (Pedrosa, Marquez, Marquez). Sebelumnya trek ini adalah kekuasaan Yamaha, di mana pada 2016 Valentino Rossi jadi juara dan Jorge Lorenzo meraih podium tertinggi semusim sebelumnya. Sedangkan Ducati lebih banyak mengalami kesulitan.

Di Brno, Honda juga dominan, di mana dalam lima tahun terakhir Honda mengirim tiga pebalapnya jadi juara. Ducati dianggap punya potensi di sini mempertimbangkan Andrea Dovizioso sempat menjadi juara di 2018. Persaingan di Republik Ceko diprediksi bakal ekstra sengit.

Satu-satunya sirkuit di mana Marc Marquez diprediksi akan kesulitan adalah Red Bull Ring, faktanya dia malah belum pernah juara di sana. Berulang kali nyaris menang, justru Ducati yang jadi raja dengan empat kemenangan beruntun di sana. Karena Red Bull Ring akan menggelar dua balapan beruntun, ini harusnya bisa dimanfaatkan Ducati untuk mengumpulkan nilai sebanyaknya.

Beralih ke Misano, Marquez dan Honda juga jadi penguasa di sana. Dari empat kemenangan dalam lima tahun terakhir yang diraih Honda di sana, tiga di antaranya dipersembahkan Marquez. Sementara satu-satunya rider yang mematahkan penguasaan Honda dalam kurun tersebut adalah Andrea Dovizioso dengan Ducatinya.



MotoGP Barcelona pada 27 September juga menjadi salah satu race yang diyakini bakal sengit. Meski musim lalu jadi juara, Marquez justru seret kemenangan lantaran hanya dua kali menang sejak turun di ajang MotpGP.

Di Le Mans, Prancis, Marc Marquez adalah juara dalam dua tahun terahir (2018 dan 2019). Ancaman untuk rider asal Spanyol itu bakal datang dari Yamaha yang berulang kali tampil meyakinkan.

Untuk Aragon, Marquez diyakini akan memperpanjang dominasinya di sana menjadi lima kali secara beruntun. Terakhir, di Valencia. sirkuit ini sulit di dominasi oleh siapapun. Faktanya dalam lima musim terakhir ada empat rider berbeda jadi juara. Demikian dikutip dari GPOne.

Daftar Pemenang Lima Musim Terakhir di Sirkuit MotoGP 2020

JerezBrnoRed Bull RingMisanoBarcelonaLe MansAragonValencia
2015LorenzoLorenzo-MarquezLorenzoLorenzoLorenzoLorenzo
2016RossiCrutchlowIannonePedrosaRossiLorenzoMarquezLoremzo
2017PedrosaMarquezDoviziosoMarquezDoviziosoVinalesMarquezPedrosa
2018MarquezDoviziosoLorenzoDoviziosoLorenzoMarquezMarquezDovzioso
2019MarquezMarquezDoviziosoMarquezMarquezMarquezMarquezMarquez


Simak Video "Marc Marquez Batal Race di MotoGP Andalusia"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com