Jumat, 01 Mei 2020 08:16 WIB

Dikira Cedera Bahu, Marquez Ungkap Motornya Susah Belok

Ridwan Arifin - detikOto
Repsol Honda Teams Spanish rider Marc Marquez takes a corner during the last day of the pre-season MotoGP winter test at the Sepang International Circuit in Sepang on February 9, 2020. (Photo by Mohd RASFAN / AFP) Marc Marquez kesulitan saat di tikungan Foto: AFP/MOHD RASFAN
Jakarta -

Marc Marquez ungkap satu masalah yang terjadi pada RC213V untuk musim balap 2020. Saat tes pramusim, 'The Bionic Man' merasa motornya lebih sulit untuk belok di tikungan.

Saat tes pramusim Sepang, Februari lalu, pebalap Spanyol ini mengira hal itu lantaran cedera bahu yang dideritanya usai menjalani operasi pada 27 November 2019.

Meski Carl Crutchlow, pebalap Honda LCR sempat bilang bahwa motor baru lebih sulit ketika diajak menikung, Marquez masih berpikir bahwa masalah itu timbul sebab fisiknya.

"Tes pramusim sangat menarik kami sedikit punya masalah saat di Malaysia, saya dan tim mengakui (kesulitan saat menikung) timbul karena kondisi fisik saya," kata Marquez kepada situs resmi MotoGP, Kamis (30/4/2020).

Usai menjalani tes di Malaysia itu, Marquez mengungkap kondisinya. Ia mengaku masih belum optimal sebab otot-otot bahunya masih belum fit total. Lalu tes pramusim berikutnya, kondisinya membaik di Qatar.

"Ketika saya akan masuk (ke tikungan), oke, mungkin saja ini karena bahuku. Motor itu begitu berat untuk berbelok di tikungan kanan, tikungan cepat.. kemudian kami tiba di Qatar dan kondisiku lebih baik tetapi (saat masuk ke tikungan) masalahnya masih sama," jelas dia.

Setelah diketahui masalah bukan dari cedera bahu Marquez. Tim Honda Racing Corporation (HRC) mengakalinya dengan menggunakan beberapa part tahun 2019 (salah satunya fairing).

"Kami mencoba beberapa part dari motor 2019 dan kami mulai menganalisis semua situasi, berusaha menemukan masalah, dan memulai musim dengan cara yang baik,"kata Marquez.

MotoGP 2020 sejauh ini masih terus mundur penyelenggaraannya. Setelah MotoGP Qatar dibatalkan, ada tujuh seri lain yang ditunda.

Ketujuh seri itu antara lain MotoGP Spanyol, Prancis, Italia, Catalunya, Jerman, Belanda, dan Finlandia. Saat ini MotoGP Republik Ceko pada 9 Agustus mendatang berpeluang jadi seri pertama, dengan catatan pandemi virus Corona membaik situasinya.



Simak Video "Marc Marquez Betah di Honda, Nggak Kepikiran Pindah"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com