Senin, 27 Apr 2020 04:08 WIB

Lihat Perubahan Gaya Cornering Valentino Rossi dari Tahun ke Tahun

Luthfi Anshori - detikOto
Valentino Rossi menggeber motornya melintasi salah satu tikungan di Sirkuit Phillip Island. Di tiga hari sesi tes, Rossi berturut-turut duduk di posisi dua, delapan, dan 11. Valentino Rossi beraksi melahap tikungan.Foto: ist. (Instagram @yamahamotogp)
Jakarta -

Valentino Rossi menjadi satu-satunya pembalap saat ini yang pernah mencicipi era MotoGP 500 bermesin 2-tak. Pebalap berjuluk The Doctor ini pun sudah kenyang pengalaman membalap berbagai spesifikasi motor beserta ubahannya. Ia terus beradaptasi melalui gaya balapnya supaya bisa terus bertahan di level tertinggi.

Rossi telah berkelana di pabrikan Honda, Yamaha, Ducati, dan kembali lagi ke Yamaha. Pebalap asal Italia ini pun pernah memacu mesin 990 cc, 800 cc, dan 1.000 cc. Ia juga pernah balapan dengan ban Michelin dan Bridgstone.

Untuk melihat seberapa banyak proses adaptasi Rossi dari tahun ke tahun, Crash.net mengambil kumpulan foto Rossi saat beraksi menaklukkan tikungan. Foto-foto cornering ini diambil dari sudut yang sama, dengan mengambil momen di sirkuit Sepang, Catalunya, dan Philip Island.

Dari kumpulan foto yang disatukan dalam bentuk video tersebut, terlihat bahwa Rossi telah mengubah gaya balapnya dari tahun ke tahun. Di awal kariernya, Rossi mengambil posisi tubuh sedikit lebih tinggi saat memasuki tikungan. Namun di era modern saat ini, Rossi juga bisa beradaptasi dengan gaya elbow down alias siku turun saat melahap tikungan.

Video tersebut menjadi demonstrasi menarik yang memperlihatkan bagaimana Rossi menyaksikan dan belajar gaya balap dari rival yang terus berganti. Entah itu gaya balap yang halus seperti Jorge Lorenzo atau teknik lebih agresif seperti yang ditawarkan Marc Marquez.

[Gambas:Youtube]



Simak Video "Rossi Posisi Ketujuh Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com