Senin, 20 Apr 2020 11:43 WIB

Spanyol Bakal Larang Turis Masuk Sampai Akhir 2020, Nasib MotoGP Tambah Ambyar

Doni Wahyudi - detikOto
MONTMELO, SPAIN - JUNE 05:  The MotoGP riders start from the grid during the MotoGP race during the MotoGp of Catalunya - Race at Circuit de Catalunya on June 5, 2016 in Montmelo, Spain.  (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) MotoGP Catalunya, salah satu balapan dari empat seri yang dilansungkan di Spanyol ( Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Ada wacana Spanyol akan menutup diri terhadap orang asing sampai akhir 2020. Jika rencana tersebut jadi terealisasi, musim MotoGP tahun ini bisa makin ambyar.

Belum satupun balapan MotoGP 2020 digelar sampai menjelang akhir April ini. Ada balapan yang sudah dibatalkan, sementara yang lain ditunda untuk menghambat penyebaran virus corona.

Dorna Sports sampai beberapa pekan lalu masih optimistis kalau musim MotoGP 2020 akan bisa tetap digelar. Namun kini mereka dapat pukulan telak lain terkait kondisi di Spanyol.



Beberapa hari lalu Menteri Tenaga Kerja Spanyol, Yolanda Diaz, mempertimbangkan menutup negaranya dari semua turis dan warga asing sampai akhir 2020. "Spanyol hanya akan meneruskan aktvitas wisata jika ada jaminan kondisi keselamatan yang luar biasa," ujar Diaz dikutip dar GPOne.

Jika pelarangan turis dan warga asing itu benar-benar diterapkan, salah satu yang terdampak besar adalah MotoGP. Di musim 2020 ada empat balapan digelar di negara tersebut. Berturut-turut adalah MotoGP Spanyol, MtoGP Catalunya, MotoGP Aragon, dan MotoGP Valencia.

Salah satu masalah besar MotoGP, yang membuat mereka sulit menggelar balapan di tengah pandemi viris Corona, adalah dampak besar yang dialami Italia dan Spanyol akibat pandemi COVID-19. Dua negara tersebut punya kontribusi besar pada gelaran MotoGP.



Sebagian besar tim dan pebalap yang turun di MotoGP (juga Moto2 dan Moto3) berasal dari Italia.

Sejauh ini ada beberapa skenario untuk tetap bisa menghelat balapan MotoGP pada semester kedua 2020, yakni dilangsungkan tanpa penonton. Namun larangan masuk turis dan orang asing ke Spanyol akan memaksa Dorna Sports kembali memutar otak.



Simak Video "MotoGP Batalkan 3 Seri Balapan"
[Gambas:Video 20detik]
(din/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com