Senin, 30 Mar 2020 20:55 WIB

Pandemi Corona, Arena Sirkuit Formula E Dijadikan Rumah Sakit Darurat

Ridwan Arifin - detikOto
Rumah sakit darurat di sirkuit Formula E Venue Formula E bakal disulap jadi rumah sakit darurat Foto: Electrek
Jakarta -

Kebutuhan rumah sakit meningkat saat merebaknya pandemi corona. Bahkan, salah satu venue yang bakal menggelar Formula E pada 25-26 Juli 2020 mendatang dimanfaatkan menjadi rumah sakit darurat pasien corona.

Dikutip dari Autosport & Electrek, Senin (30/3/2020) rumah sakit darurat itu terletak di London ExCel Centre. Area ini bagian jadwal dari venue dari seri pamungkas Formula E musim 2020.

ExCel Centre bisa menampung hingga 70 ribu orang saat gelaran Formula E dihelat. Namun, untuk menangani pasien Corona, rumah sakit darurat ini bakal disulap menjadi dua bangsal yang disebut dapat mengakomodasi hingga 4.000 kasur.

Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock mengatakan fasilitas ini bakal dibuka pekan depan.

"Ya minggu depan, membuka rumah sakit baru darurat NHS Nightingale Hospital di Excel Centre London," kata Matt.

"Dengan bantuan militer dan petugas kesehatan NHS. Kita akan memastikan akan memiliki kapasitas yang dibutuhkan sehingga semua orang dapat memperoleh dukungan yang mereka butuhkan," katanya.

Pihak Formula E mendukung langkah pemerintah Inggris tersebut untuk menyulap area sirkuit menjadi rumah sakit darurat.

"Formula E mendukung ExCeL London, NHS Inggris dan Kementerian Pertahanan menyoal respons nasional terhadap pandemi COVID-19," kata seorang juru bicara Formula E.

"Seperti yang sudah kita ketahui, ExCeL London memiliki fasilitas kelas satu dan Formula E memuji mereka karena menawarkan bantuan mereka pada saat dibutuhkan." tambahnya.

Formula E kemudian menangguhkan musim 2019-2020 selama dua bulan akibat pandemi corona ini. Membuat beberapa seri balap Formula E ditunda dari kalender, di antaranya Paris, Seoul, dan Jakarta.

Formula E menggunakan bendera sebagai simbol balapan yang bisa digelar musim ini setelah adanya virus corona.

Semua acara Maret dan April telah ditandai bendera merah atau tidak bisa digelar, sementara Mei berwarna kuning - yang berarti peluang balapan tetap terbuka.

FE telah menyatakan bahwa semua E-Prix yang ditetapkan untuk Juni dan Juli berada di bawah bendera hijau, sehingga untuk seri Berlin dan New York berlomba, ditambah final London diharapkan untuk terus berjalan sesuai rencana.



Simak Video "Pakai Joki di Formula E Virtual, Pembalap Audi Diputus Kontrak"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com