Rabu, 11 Mar 2020 10:30 WIB

Dianggarkan Rp 767 M, Formula E Jakarta Akhirnya Ditunda

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sirkuit Formula E Layout sirkuit Formula E Jakarta. Formula E Jakarta diundur karena virus corona. Foto: Dok. Formula E
Jakarta -

Balapan mobil listrik Formula E diundur. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar penyelenggaraan Formula E ditunda karena virus corona.

"Mencermati perkembangan COVID-19 di berbagai belahan dunia khususnya di DKI Jakarta, maka penyelenggaraan Formula E yang semula dijadwalkan pada bulan Juni 2020 agar ditunda pelaksanaannya," demikianlah bunyi surat Nomor 117/-1.857.73 yang ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditujukan kepada Organizing Committee Jakarta E-Prix tertanggal 9 Maret 2020.

Penyelenggaraan Formula E membutuhkan anggaran yang tak sedikit. Jakarta Propertindo (JakPro) yang ditunjuk sebagai pelaksana dan penyedia infrastruktur penjamuan balap mobil listrik Formula E pada awalnya menganggarkan dana sebesar Rp 767 miliar untuk penyelenggaraan Formula E.

Anggaran sebesar itu digunakan untuk infrastruktur dan bank garansi. Sebesar Rp 344 miliar dialokasikan untuk infrastruktur dan mendapatkan hak menjadi penyelenggara, sementara Rp 423 miliar untuk bank garansi.

Beberapa waktu lalu, Direktur Utama Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto, dalam Media Briefing Formula E di Cikini, Jakarta Pusat, menjelaskan uang di bank garansi ini nantinya akan kembali lagi setelah kegiatan selesai. Menurutnya anggaran tersebut wajar dilakukan dalam sebuah kesepakatan bisnis.

Sementara biaya penyelenggaraannya yang sebesar Rp 344 miliar digunakan untuk mendapatkan hak menjadi penyelenggara serta membangun sirkuit seperti aspal dan pembatas. Sisanya seperti tribun, paddock hingga penyiaran ditanggung oleh Formula E.

"Untuk komitmen fee-nya itu adalah yang tadi saya bilang (Rp 344 miliar). Itu enggak Cuma mendapatkan hak jadi host tapi mereka pun juga melakukan konstruksi di sini kaya paddock-nya, grandstand-nya, kemudian infrastruktur IT-nya. Termasuk broadcast ke 144 negara," ujar Dwi.



Simak Video " Formula E Jakarta Jadinya di GBK?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com