Selasa, 10 Mar 2020 10:52 WIB

Ferrari, Yamaha, Pirelli 'Terkurung' di Italia karena Corona, F1 dan MotoGP Terancam

Doni Wahyudi - detikOto
MONZA, ITALY - SEPTEMBER 03:  Sets of Pirelli tyres are laid out on the floor outside the McLaren garage during previews to the Formula One Grand Prix of Italy at Autodromo di Monza on September 3, 2015 in Monza, Italy.  (Photo by Bryn Lennon/Getty Images) Pirelli sebagai pemasok tunggal ban untuk balapan F1 terancam kena efek lockdown di Italia (Getty Images Sport/Bryn Lennon)
Jakarta -

Lockdown besar-besaran yang dilakukan pemerintah Italia pada belasan provinsi menyebabkan beberapa industri otomotif terkena imbasnya. Sangat mungkin balapan F1 dan MogoGP bakal juga kena efek.

Karena penyebaran virus corona yang masih sangat tinggi, pemerintah Italia pada akhir pekan kemarin mengeluarkan dekrit untuk mengisolasi beberapa provinsi. Langkah tersebut diambil setelah Italia menjadi negara Eropa dengan paparan virus corona tertinggi.

Diberitakan sebelumnya, ada 14 provinsi yang terkena lockdown. Provinsi-provinsi tersebut adalah Modena, Parma, Piacenza, Reggio Emilia, Rimini, Pesaro dan Urbino, Alessandria, Asti, Novara, Verbano Cusio Ossola, Vercelli, Padua, Treviso, dan Venesia. Selain itu wilayah Lombardy juga ikut diisolasi.

Pabrikan dan tim yang terkena Lockdown gara-gara corona


Untuk diketahui, pada wilayah-wilayah tersebut bermarkas tim, pabrikan, sampai produsen ban yang terkait langsung dengan F1 dan MotoGP.

Di Pesaro dan Urbino ada Tavullia, yang merupakan kampung halaman dan lokasi ranch Valentino Rossi. Di kota itu juga bermarkas tim milik The Doctor, Sky VR46 Racing, yang turun di kelas Moto2 dan Moto3.

Masih terkait dengan balapan MotoGP, Yamaha MotoGP juga terkena dampak. Monster Energy Yamaha MotoGP bermarkas di Lesmo, Italia. Lesmo berada di Provinsi Monza dan Brianza yang terletak di wilayah Lombardy, salah satu area yang terkena isolasi pemerintah Italia.

Untuk balapan Formula 1, Ferrari bisa jadi yang paling besar terkena dampaknya. Tim Kuda Jingkrak bermarkas di Maranello, sebuah wilayah di Modena, yang juga terkena isolasi.

Nasib F1 dan MotoGP di tengah lockdown Italia karena Corona


Sedangkan Pirelli, pemasok tunggal ban F1, punya homebase di Milan, sebuah kota besar dan sibuk di Italia yang merupakan ibukota Lombardy.

Fakta-fakta ini membuat balapan MotoGP, yang seri pertamanya akan dilangsungkan di Austin pada 5 April dalam ancaman serius tertunda atau batal. Pun begitu dengan balapan perdana F1 yang dihelat di Australia pada akhir pekan ini.

Namun hingga kini belum ada pernyataan dari Dorna maupun FIA soal kondisi yang terjadi di Italia dan potensi terganggunya jadwal balapan mereka.

Pemerintah Italia menyatakan lockdown akan berlaku sampai 3 April. Dalam kurun tersebut orang-orang tidak disarankan berpergian, kecuali atas izin khusus.



Simak Video "Bayang-bayang Hat-trick Jatuh Rossi Jelang MotoGP Aragon"
[Gambas:Video 20detik]
(din/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com