Senin, 02 Mar 2020 17:16 WIB

Imbas Corona: Rossi Cs Batal Ngebut di Qatar, Pebalap RI Moto2 Tetap Lanjut?

Ridwan Arifin - detikOto
DOHA, QATAR - MARCH 26:  General view of action during the MotoGP of Qatar at Losail International Circuit on March 26, 2017 in Doha, Qatar.  (Photo by Tom Dulat/Getty Images for QTA/LCSC) MotoGP batal dihelat di sirkuit Losail Qatar Foto: Tom Dulat/Getty Images for QTA/LCSC
Jakarta -

Corona membuat Valentino Rossi, Marquez dan kawan-kawan tak bakal berlaga di Qatar, Minggu (8/3/2020). Badan-badan yang menangani grand prix, FIM, IRTA, dan Dorna memastikan hanya balapan kelas premier yang dibatalkan.

Namun untuk kelas Moto2, Moto3, dan Asian Talent Cup tetap berlangsung. Sebab seluruhnya sudah berada di Qatar dalam seminggu terakhir.

"Karena tim-tim dan para pebalap Moto2 dan Moto3 sudah ada di Qatar untuk tiga hari tes resmi di Sirkuit Internasional Losail awal pekan ini, balapan kedua kategori akan memungkinkan digelar," ujar pernyataan tersebut.

"Kelas lightweight dan intermediate ini oleh karenanya akan berkompetisi di balapan pembuka musim dari 6-8 Maret. Hal yang sama berlaku ke Asia Talent Cup, yang mana akan menjalani dua balapan di Grand Prix Qatar seperti direncanakan awal. Ikuti perkembangannya untuk perubahan jadwal," demikian.

Salah satunya pebalap asal Indonesia, Andi Gilang Farid Izdihar bakal tampil semusim penuh di Kejuaraan Dunia Moto2. Ia sedang menjalani debut di balapan bergengsi setingkat di bawah kelas MotoGP itu.

[Gambas:Instagram]

Italia saat ini mengalami masalah serius dengan virus corona, dengan sudah ada 1.128 kasus di sana sampai Minggu (2/3). Akibatnya, seluruh penumpang dari Italia harus menjalani karantina lebih dulu selama minimal 14 hari.

Situasi itu tidak memungkinkan untuk digelarnya MotoGP. Ada banyak pebalap yang berasal dari Italia, mereka adalah Andrea Iannone, Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, Francesco Bagnaia, Valentino Rossi dan Franco Morbidelli.

Belum lagi memperhitungkan hal lainnya, seperti tim dan para ahli.

"Karena pembatasan kunjungan ke Qatar yang diberlakukan mempengaruhi para penumpang dari Italia (di antara negara-negara lain), kelas primer tidak akan digelar di Losail. FIM, IRTA, dan Dorna dengan menyesal mengumumkan pembatalan seluruh sesi dari kelas MotoGP di Grand Prix Qatar, termasuk balapan," ungkap pernyataan resmi FIM seperti dilansir dari laman MotoGP.

"Wabah virus corona yang tengah terjadi mengakibatkan pembatasan kunjungan ke Qatar diberlakukan, yang mana mempengaruhi penumpang dari Italia. Sampai saat ini, seluruh penumpang yang tiba di Doha dalam penerbangan langsung dari Italia, atau berada di Italia selama dua pekan terakhir, akan langsung dikarantina selama minimal 14 hari."

"Italia jelas memainkan peran vital di kejuaraan dan di kelas MotoGP, baik di dalam maupun di luar lintasan, dan oleh karena itu keputusan telah diambil untuk membatalkan kelas primer." jelas pernyataan itu.



Simak Video "Lihat Lagi Aksi 'Gila' Marc Marquez Sebelum Patah Tulang Lengan"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com