Minggu, 16 Feb 2020 07:33 WIB

Rio Haryanto Makin Enjoy Ikut Balap Ketahanan 4 Jam

Rangga Rahadiansyah - detikOto
T2 Motorsports di Asia Le Mans Sepang Mobil balap yang digunakan Rio Haryanto dkk untuk ajang Asian Le Mans Series. Foto: Dok. T2 Motorsports
Sepang -

Pebalap Indonesia, Rio Haryanto dan David Tjipto mengikuti ajang balap ketahanan Asian LeMans Series 2019/2020. Dalam tim T2 Motorsports, kedua pebalap Indonesia itu juga bergabung dengan peebalap Christian Colombo.

Kini, ajang Asian LeMans Series 2019/2020, memasuki putaran ketiga di Sepang, Malaysia. Putaran ke-3 ajang Asian LeMans Series berlangsung pada tanggal 14 dan 15 Februari di Sepang International Circuit. Agenda T2 Motorsports tanggal 14 Februari adalah driver briefing dan free practice.

Mengikuti ajang ketahanan Asian LeMans Series 2019/2020, T2 Motorsports diperkuat oleh tiga orang pebalap, dua di antaranya berkebangsaan Indonesia. Irmawan Poedjoadi selaku Team Principal menjelaskan, "Di ajang Asian LeMans Series ini kami punya 3 orang pebalap, Rio Haryanto, David Tjipto dan Christian Colombo." Berbeda dengan ajang balap yang dilakoni oleh T2 Motorsports di tahun 2019 silam, ajang balap Asian LeMans Series ini terdiri dari 4 seri dengan durasi 4 jam di setiap putarannya.

Tiga pebalap T2 Motorsports di Asian LeMans seri Sepang. Tiga pebalap T2 Motorsports di Asian LeMans seri Sepang. Foto: Dok. T2 Motorsports



Rio Haryanto yang sebelumnya bergelut di ajang balap Formula mengaku menikmati balap GT bersama T2 Motorsports. "Awalnya butuh waktu untuk penyesuaian dengan semuanya, mulai dari mobil, tim engineer hingga ajang balap ketahanan itu sendiri. Ini pertama kalinya saya ikut ajang balap ketahanan dan semakin lama, saya semakin enjoy," kata Rio dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Dalam ajang Asian LeMans Series seri Sepang, Malaysia, tim T2 Motorsports harus menyesuaikan diri dengan kondisi trek, cuaca dan waktu yang berbeda. "Semua pebalap kami sudah memiliki pengalaman mengaspal di Sepang International Circuit, namun kondisi saat ini agak sedikit berbeda. Biasanya race dimulai dan berakhir pada siang atau sore hari, kali ini penyelenggara Asian LeMans Series membuat race lebih menarik dengan memulai race pukul 17:00 dan mengakhiri race pukul 21:00 waktu setempat," ujar Irmawan.

Tim T2 Motorsports mempersiapkan mobil balapnya. Tim T2 Motorsports mempersiapkan mobil balapnya. Foto: Dok. T2 Motorsports

Free practice yang diadakan pada tanggal 14 Februari juga dimulai pada sore dan malam hari. Terdiri dari 2 sesi, sesi pertama dimulai pukul 16:25 waktu setempat dengan durasi 90 menit dan sesi kedua dimulai pukul 20:00 dengan durasi yang sama. Pada free practice 1, T2 memperoleh catatan waktu 2:23.251 dengan peringkat 5 di kelasnya sedangkan pada free practice 2, T2 mempertajam perolehan waktu menjadi 2:05.023 dengan peringkat 2 di kelasnya.

"Pada free practice yang pertama, cuacanya kurang mendukung karena hujan lebat. Sesi kedua cuacanya lebih baik tetapi masih hujan rintik. Hal tersebut sangat mempengaruhi catatan waktu kami," kata David Tjipto.



Simak Video "Hasil Kualifikasi Asian Le Mans, Rio Haryanto di Posisi 6"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com