ADVERTISEMENT

Formula E Jakarta di Monas, Negara Lain Seperti Apa?

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 12 Feb 2020 12:37 WIB
BERLIN, GERMANY - MAY 25: In this handout from FIA Formula E -  Alexander Sims (GBR) BMW I Andretti Motorsports, BMW iFE.18 at Tempelhof Airport on May 25, 2019 in Berlin, Germany. (Photo by FIA Formula E/Handout/Getty Images)
Formula E digelar di Bandara Foto: (Getty Images)
Jakarta -

Kendati sempat memicu polemik, rencana balapan Formula E Jakarta dikabarkan tetap berada di sekitaran Monumen Nasional (Monas). Bila melihat negara lain, arena balapan tidak melulu di jalan raya kok, bahkan ada yang menggunakan sekitaran stadion dan juga bandara.

Di musim 2019/2020, tercatat ada 12 negara yang menjadi tuan rumah ajang balap jet darat listrik ini. Indonesia dijadwalkan pada tanggal 6 Juni 2020.

Menariknya trek balap untuk Formula E tidak melulu menggunakan jalan raya. Mengutip dari laman Formula E, ada dua negara yang menggelar balapan di lokasi yang berbeda, yakni Jerman dan Korea Selatan.

Di Jerman, lokasi balapan Formula E Berlin ePrix 2020 berlangsung di Berlin Tempelhof Airport. Ya sesuai namanya, arena balapnya adalah bandara. Tercatat trek ini mempunyai panjang 2.375 km dan 10 tikungan yang siap menantang para pebalap.

Formula E di BerlinFormula E di Berlin Foto: (Getty Images)

Namun bandara ini memang tidak lagi beroperasi. Ditutup sejak tahun 2008, bandara itu kini dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi dan olahraga bagi masyarakat Berlin, salah satunya langganan ajang balap Formula E sejak tahun 2015.

Korea Selatan menjadi negara lain di kawasan Asia yang menggelar balapan Formula E untuk pertama kali. Untuk trek balapnya, Korea Selatan berencana menggelar ajang balapan di kompleks olahraga Jamsil, tercatat ada 19 tikungan yang direncanakan. Namun rencana trek ini masih dalam holomogasi dari Fédération Internationale de l'Automobile (FIA).

Rencana lintasan Formula E di Jakarta tertuang dalam surat Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta bernomor 61/-1.857.23. Surat bertanggal 11 Februari tersebut ditandatangani oleh Anies Baswedan dan ditujukan pada Menteri Sekretaris Negara.

Dalam lampiran surat itu terlihat, mobil balap Formula E Jakarta akan memutari sirkuit jalan raya searah jarum jam. Trek ini memiliki panjang lintasan total 2,6 km. Total, ada 11 tikungan dalam lintasan balap Formula E di Monas, Jakarta, tersebut.

Desain Formula E di JakartaBocoran Desain Formula E di Jakarta Foto: ist.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu Daryoto dalam keterangan tertulis, mengatakan pengumuman lokasi akan dilakukan sesegera mungkin.

"Pengumuman lokasi sirkuit pengganti akan dilakukan setelah disetujui oleh FEO (Formula E Operations) dan FIA selaku partner penyelenggaraan Formula E Jakarta," kata Dwi beberapa waktu lalu.



Simak Video "Keren! Pembangunan Sirkuit Formula E Jakarta Jadi yang Tercepat di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT