Valentino Rossi dan Hamilton Tukar Profesi Selama Sehari

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 12 Des 2019 12:23 WIB
Foto: Dok. Monster Energy
Valencia - MotoGP dan Formula 1 merupakan olahraga otomotif yang banyak digemari. Dua motorsport tersebut memiliki bintang yang banyak idolanya. Di MotoGP, ada Valentino Rossi dan di Formula 1 ada Lewis Hamilton. Bagaimana kalau keduanya bertukar profesi?

Baru-baru ini Rossi dan Hamilton bertukar profesi. Rossi menyetir mobil balap Formula 1 dan Hamilton menunggangi motor MotoGP. Keduanya kebut-kebutan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

Rossi dan Hamilton Tukar Profesi Sehari. Rossi dan Hamilton Tukar Profesi Sehari. Foto: Dok. Monster Energy


Rossi yang pernah mencoba mobil Formula 1 Ferrari pada 2004 dan 2010, kini mencoba mobil balap Mercedes-AMG F1 W08 EQ Power+ yang biasa dipakai Hamilton. Sementara Hamilton mencoba motor balap yang biasa dipakai Rossi, Yamaha M1.



Sebelum Hamilton mencoba motor balap Yamah M1, Rossi bertugas menjadi mentor untuk menjelaskan soal motor balapnya. Begitu juga sebaliknya, sebelum Rossi ngegas mobil Formula 1, Hamilton menjadi mentornya.

Ketika Valentino Rossi Jadi Pebalap F1 SehariFoto: Dok. Monster Energy


Kesempatan ini merupakan perwujudan kekaguman Rossi dan Hamilton satu sama lain. Keduanya melakukan beberapa putaran di sirkuit Valencia dengan tunggangannya masing-masing. Apa kata mereka?



"Saya adalah penggemar berat Lewis sebelumnya tetapi sekarang saya bahkan lebih. Kami memiliki hari yang fantastis di mana dua kelas atas olahraga motor tidak hanya bertemu tetapi bekerja bersama. Saya merasa seperti pembalap F1 nyata selama sehari. Saya tidak ingin hari itu berakhir. Saya juga mengendarai YZR-M1 di trek dengan Lewis. Itu adalah momen yang membanggakan bagi tim untuk berbagi hasrat kami dengannya. Secara teknis, Valencia adalah trek yang sulit dan hari ini berangin sehingga pada satu titik saya pikir akan sulit bagi Lewis untuk melanjutkan, tetapi dia brilian di motor dan posisinya di M1 hebat. Saya pikir dia punya banyak kesenangan yang merupakan hal utama," kata Rossi seperti tertera di laman resmi Monster Energy.



Dikutip Crash.net, Rossi mengatakan bahwa dirinya pernah mencoba mobil Formula 1. Namun, setelah terakhir mencoba Formula 1, mobil balap itu telah berubah signifikan.

"Saya sangat terkesan dengan mobil dan handling-nya. Awalnya Anda mendapatkan sensasi kecepatan yang luar biasa. Gaya G tidak terlalu buruk, tapi perlu adaptasi. Begitu saya masuk ke ritme saya benar-benar bisa push. Itu adalah kesenangan yang luar biasa. Saya merasa seperti pembalap F1 nyata selama sehari. Saya tidak ingin hari itu berakhir!" ujar Rossi.



Hamilton yang telah menjadi juara Formula 1 enam kali ini juga merasa kagum dengan Rossi yang mencoba mobil balapnya. Dia sangat senang melihat Rossi di mobil balap Formula 1 untuk pertama kalinya.

"Mengingatkan saya kepada kali pertama saya menggunakan mobil F1," katanya.

Ketika Valentino Rossi Jadi Pebalap F1 SehariFoto: Dok. Monster Energy


"Sangat keren berada di trek dan melihat Valentino di depanku dengan motor yang sama," ujar Hamilton mengomentari momen naik motor M1 bersama Rossi di dalam sirkuit.

[Gambas:Instagram]

(rgr/ddn)