Jumat, 22 Nov 2019 11:30 WIB

Asian Le Mans Series

Seperti Apa Karakter Sirkuit Sanghai Tempat Rio-David Berlaga?

Ridwan Arifin - detikOto
Shanghai International Circuit Foto: Ridwan Arifin Shanghai International Circuit Foto: Ridwan Arifin
Shanghai - Shanghai International Circuit menjadi salah satu tempat berlangsungnya balapan Asian Le Mans Series seri pertama. Duo pebalap Indonesia, Rio Haryanto dan David Tjipto bakal melakoni balapan tandem dengan Christian Colombo yang bergantian selama 4 jam.

Sekilas tentang sirkuit di ronde pertama untuk Asia Le Mans 2019-2020 ini. Shanghai International Circuit merupakan sirkuit dengan panjang sekitar 5,4 km. Mengutip dari Formula1, Sirkuit Internasional Shanghai itu dibangun dengan mengikuti bentuk karakter huruf China 'shang', yang memiliki arti naik atau di atas.

Shanghai International Circuit terletak di Jiading yang dulunya dirancang oleh Hermann Tilke. Berawal dari rawa, landasan pacu kecepatan itu kelar dalam waktu 18 bulan dengan melibatkan 3.000 pekerja. Saat itu menelan biaya sekitar USD 450 juta.



Di atas landasan, para pebalap harus menaklukkan sebanyak 16 tikungan di Sirkuit Shanghai. Di mana konsentrasi perlu untuk mengatur akselerasi dan deselerasi.

Pun demikian dengan cuaca, Shanghai adalah kota yang dapat menampilkan kondisi yang sangat berbeda dari satu balapan ke yang berikutnya, dan bahkan dari satu hari ke hari berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Duo Rio-David Siap Panaskan Asia Le Mans Series 2019 di Shanghai"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com