Minggu, 22 Sep 2019 11:18 WIB

Pebalap Indonesia Ada yang Ikut Formula E di Jakarta?

Rizki Pratama - detikOto
Anies Baswedan disopiri pebalap F2 Sean Gelael. Foto: Rengga Sancaya Anies Baswedan disopiri pebalap F2 Sean Gelael. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - DKI Jakarta bakal menjadi tuan rumah untuk ajang balap mobil listrik internasional Formula E pada tahun 2020 mendatang. Kesempatan ini tentu menjadi kesempatan besar bagi pembalap nasional untuk ambil andil menunjukkan kemampuannya.

Meski begitu, balapan ini berdiri atas dasar komersial. Berbeda dengan Piala Dunia sepakbola di mana negara yang menjamu otomatis mendapatkan kesempatan untuk tampil.


Seperti diketahui balapan ini diikuti oleh sejumlah merek mobil ternama. Selain menjuarai kompetisi nama baik brand tersebut akan dipertaruhkan pula dalam kompetisi ini.

"Kami memiliki hak untuk melaksanakan kejuaraan ini tapi apa yang kami lakukan adalah membuat franchise di sini. Franchise ini diserahkan pada tim yang menentukan pembalap di setiap serinya. Jadi kami sebagai promotor tidak memiliki kapabilitas untuk menentukan pembalap," kata Co Founder Formula E, Alberto Longo dalam konferensi pers Jakarta E-Prix di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019).

Penyelenggara memang memiliki kesempatan untuk memberikan rujukan kepada tim, namun keputusan kembali pada mereka. Ia menjelaskan masalah keikutsertaan duduk di belakang kemudi balap bukan masalah uang namun kemampuan.

"Kami memang memberikan saran dan mereka mendengar tapi mereka yang menentukan apa yang mereka inginkan. Ini bukan masalah uang tapi mencari kemampuan," jelasnya.


Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pun menyemangati para bakat dalam negeri. Menurutnya ada kesempatan terbuka lebar bagi pembalap potensial di Indonesia untuk bersaing dalam gelaran yang dilangsungkan setiap tahun dari tahun 2020 sampai 2024.

"Kita akan menjadi tuan rumah selama 5 tahun. Kita memiliki kesempatan besar untuk tampil dibanding jika hanya digelar sekali. Semoga dengan berlangsungnya balapan ini akan menarik tim untuk melihat potensi lokal. Jadi pahlawan kita akan unjuk gigi dalam beberapa tahun itu," tutupnya dalam kesempatan itu.

Simak Video "Soroti Anggaran Formula E, PSI ke Anies: Mau Kelihatan Kaya?"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com