Sabtu, 21 Sep 2019 18:33 WIB

Persiapan Lintasan Formula E di Monas Dimulai Akhir Tahun 2019

Rizki Pratama - detikOto
Formula E Foto: FIA Formula E Formula E Foto: FIA Formula E
Jakarta - Dalam rangka menjamu ajang balap mobil listrik Formula E, Pemprov DKI Jakarta perlu mempersiapkan berbagai hal. Untuk kesiapan infrastruktur, Perusahaan properti dan infrastruktur milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) didapuk sebagai eksekutornya.

Persiapan ini akan mencakup pembangunan infrastruktur balapan serta sarana pendukung lain sebagai pemanis kemeriahan ajang internasional ini. Diperkirakan proyek ini akan mulai dikerjakan pada awal akhir tahun 2019 dengan masa pengerjaan selama 3 bulan.



"Selesainya itu harus 2 bulan sebelum dipakai. Bangunnya 3 bulan, Januari (atau) Desember (mulai). Masalahnya bagaimana nanti ngatur nanti bulan puasa kan," ungkap Direktur Utama PT Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto dalam konferensi pers Jakarta E-Prix di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019).

Untuk pembangunan infrastruktur dan berbagai fasilitas penunjangnya, Dwi mengatakan proyek ini akan menggelontorkan dana sebesar Rp 300-350 miliar.

Ilustrasi Formula EIlustrasi Formula E Foto: Getty Images


"Kan beberapa dibantu sama mereka (FIA) desain traknya mereka, termasuk spesifikasi segala macam ya antara Rp 300-350 miliar lah ya," kata Dwi.

Ia menggambarkan pembangunan tersebut akan menggunakan setengah kawasan dari Monas itu sendiri. Uang tersebut rencananya akan diserap untuk pembangunan lintasan, fasilitas pendukung balapan, serta area hiburan keluarga.



"Trak untuk Formula E itu antara 2,8 km sampai 3,2 km satu lap. Separuh inilah (Monas), cukup kan ada pemanfaatan jalan raya juga untuk traknya Nanti ada e-Village, itu funzone lah untuk keluarga, anak-anak, pameran mobilnya, kemudian ada paddock, pitsopt, dan VIP," ungkap Dwi.

Diharapkan dengan adanya ajang ini setidaknya dapat menarik puluhan ribu masyarakat untuk menonton. "Katanya dalam hitungan konservatif antara 30 sampai 35 ribu (pengunjung). Datangin di Monas 100 ribu juga bisa," tambahnya.



Kendati sudah ada perkiraan penonton, Gubernur DKI Jakarta yang juga hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan tarif tiket menonton Formula E belum ditentukan. "Belum ada angkanya saat ini," jawabnya singkat.

Simak Video "Resmi! Formula E Digelar di Jakarta 6 Juni 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com