Sabtu, 21 Sep 2019 09:16 WIB

PLN Jamin Ketersediaan Listrik Formula E

Rizki Pratama - detikOto
Foto: FIA Formula E Foto: FIA Formula E
Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero dipastikan akan menjadi penyedia daya listrik perhelatan balap mobil listrik internasional Formula E di Jakarta tahun 2020 mendatang. Mengingat balapan ini akan membutuhkan banyak energi, PLN tentu harus siap.

Meski begitu, penyelenggara balap Formula E Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) belum memberikan berapa jumlah permintaan daya untuk berlangsungnya balapan mobil listrik ini.



"Secara teknis belum obrolin, tapi CEO-nya kemarin bilang sekitar 200 kontainer yang akan datang," kata Senior Manager General Affairs PLN UID Jakarta Raya Tris Yanuarsyah saat ditemui di sela-sela persiapan konferensi pers Jakarta E-Prix di Monas, Jakarta Pusat.

Ilustrasi Mercedes-Benz EQ Formula E TeamIlustrasi Mercedes-Benz EQ Formula E Team Foto: Pool (Autoevolution)


PLN sendiri hanya terlibat sebagai pemasok daya, sedangkan infrastruktur pengisian untuk balapan Formula E ini diserahkan kepada masing-masing tim.

"Beda, saya nggak tau dia kan mobilnya macem-macem. Kemungkinan PLN menyediakan listriknya alatnya nggak. Kita nggak tau mobilnya akan seperti apa," ungkap Tris.



PLN sendiri memiliki alat pengisian daya kendaraan listrik mereka sendiri yang dibuat dalam negeri. Meski tidak diikutsertakan dalam balapan ini, PLN rencananya akan memasang 4 titik SPKLU di sekitaran sirkuit Monas nantinya.

"Mesinnya nanti PLN ada juga, ini buatan lokal. Kita mau launching Oktober di 4 tempat. Kita lagi minta tempat juga ke Gubernur di seputaran ini," tuturnya.

Simak Video "Anies: Tim Formula E Puji Kualitas Jalan di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com