Jumat, 20 Sep 2019 19:07 WIB

Jakarta Gelar Formula E Selama 5 Musim

Rizki Pratama - detikOto
Foto: FIA Formula E Foto: FIA Formula E
Jakarta - Jakarta akan mulai menggelar balap mobil listrik pada 6 Juni 2020 mendatang. Balapan itu rencananya akan memanfaatkan area Monas sebagai lintasannya.

Tidak hanya pada tahun 2020, dalam kontrak dengan penyelenggara Formula E, FIA akan menggunakan kerja sama ini selama 5 tahun berturut-turut. Artinya dari tahun 2020 hingga 2025 DKI Jakarta siap menyambut kompetisi tingkat dunia ini.

"Kita dapat kesempatan jadi tuan rumah 5 kali berturut turut," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada konferensi pers Jakarta E-Prix di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019).



Menurut Anies kegiatan ini perlu diselenggarakan lebih dari setahun agar investasinya membuahkan hasil. Tentunya kegiatan ini juga menjadi momen tepat mendukung sektor perekonomian dan pariwisata di Jakarta.

"Maka investasi tidak habis percuma karena dipakai satu kali, justru bisa dipakai berkali dan harapannya kegiatan ini akan jadi event tahunan yang ditunggu masyarakat di Indonesia dan mengundang masyarakat internasional ke sini. Karena pariwisata berbasis sport paling atraktif dan memberikan manfaat ekonomi pada masyarakat Jakarta," papar Anies dalam kesempatan itu.

Sebagai pelaksana balapan ini di Indonesia, FIA bekerjasama dengan PT Jakarta Propertindo. "Kita telah menunjuk PT Jakarta Propertindo untuk menjadi pelaksana dari kegiatan ini," tukasnya.



Terkait lintasan yang akan digunakan adalah area sekitar Monas. Namun Anies mengatakan belum ada rincian mengenai titik mana saja yang akan menjadi lintasan balap tersebut.

"Lokasi yang akan digunakan adalah Monas jadi lokasi sebagai trak bagi kegiatan balap mobil dan detail traknya masih belum dituntaskan. Kita akan diumumkan kemudian, yang jelas diselenggarakan di kawasan Monas," papar Anies.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pendorong masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik. Sehingga dengan demikian dapat tercipta lalu lintas bebas polusi. "Tuan rumah mobil Formula E untuk kirim pesan pada semua bahwa masa depan transportasi bebas emisi," tutupnya.

Simak Video "Anies Anggap Jakarta Ikut Formula E di Waktu Tepat, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com