Jumat, 06 Sep 2019 08:41 WIB

Anies Baswedan Simpan Rapat Info Balapan Formula E di Jakarta

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi balapan Formula E. Foto: BMW Ilustrasi balapan Formula E. Foto: BMW
Jakarta - Kompetisi balap mobil dengan tenaga listrik tingkat dunia, Formula E dikabarkan bakal melenggang di jalan raya Jakarta pada tahun 2020. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan untuk saat ini masih menyimpan informasi terkait perhelatan tersebut.

"Sudah ada informasi semua tapi saya terikat pada komitmen dengan formula E, embargo sampai semua di dalam Formula E selesai. Lengkapnya embargo, ditanya ada? Ada tapi ditanya lengkapnya tidak bisa disclose sampai mereka selesai," ungkap Anies di Electric Motor Show (IEMS) 2019 di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (5/9/2019).


Namun ia memastikan Indonesia akan menjadi tuan rumah balapan single seater Formula E pada tahun 2020 mendatang. "InsyaAllah tahun depan," ungkap Anies.

Lebih lanjut misi lain yang ingin dibawa Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menjadi ajang kampanye untuk menggugah masyarakat menggunakan kendaraan ramah lingkungan.

"Formula E, karena itu kita bekerja keras mendatangkan Formula E dalam rangka mengkampanyekan kita membutuhkan kendaraan ramah lingkungan, formulanya juga formula elektrik," kata Anies.

Sebelumnya pada Juli lalu, dalam akun instagram pribadinya Anies sudah menyampaikan bahwa Jakarta masuk dalam kalender balapan Formula E seri 2020.


Formula E merupakan balap mobil single-seater menyerupai Formula 1, namun menggunakan mesin bertenaga listrik yang lebih ramah lingkungan. Balapan Formula E terbilang masih muda, dengan musim pertamanya digelar pada 2014/2015 silam.

Tujuan balapan mobil listrik ini adalah memperkenalkan mobil listrik dan mengurangi emisi karbon melalui balapan yang serupa F1 dan dilakukan di jalur jalanan dalam kota.

Simak Video "Demi Jadi Tuan Rumah Formula E, Anies Gelontorkan USD 24,1 Juta "
[Gambas:Video 20detik]
(riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com