Senin, 26 Agu 2019 15:10 WIB

Begitu Pengaruhnya Ban sampai Rossi Gagal Podium

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Valentino Rossi Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Valentino Rossi Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - Pebalap Yamaha, Valentino Rossi, gagal mewujudkan impiannya untuk memijak podium di MotoGP Inggris yang berlangsung di sirkuit Silvertone. Rossi hanya finis di posisi keempat.

Rossi merasa bingung dengan kurangnya cengkeraman ban belakang yang ia rasakan selama balapan MotoGP Inggris. Rossi terpaut hampir 11 detik dari Maverick Vinales di tempat ketiga.

Rossi terpaksa mengendurkan kecepatannya karena kurangnya cengkeraman ban belakang di kondisi yang lebih panas dalam balapan.



"Hari ini, sayangnya, saya lebih bermasalah dengan grip belakang dan ban belakang. Sudah sejak awal langkah saya tidak fantastis dan saya tidak cukup kuat, tidak cukup cepat untuk tetap berada di posisi tiga. Di paruh kedua balapan saya harus banyak melambat karena bannya banyak rusak jadi balapan yang sulit karena kami tiba lebih optimis tentang menjadi lebih kuat tetapi pada akhirnya kami menderita terlalu banyak," kata Rossi dikutip Crash.

Namun, Rossi merasa masalah cengkeraman ban itu dialami sendiri, sementara rekan setimnya Maverick Vinales tak mengalami hal serupa.



"Bagi saya ini tentang kami, kami perlu memahami cara bagaimana cara menyelamatkan ban belakang lebih sedikit atau mengurangi penderitaannya," kata Rossi.

Hal yang dialami Rossi menggambarkan betapa pentingnya cengkeraman ban saat balapan. Pemilihan ban yang tepat untuk balapan adalah kunci kemenangan.

Ban merupakan satu-satunya komponen pada motor MotoGP yang langsung menyentuh aspal. Ada kesalahan sedikit saja pada ban yang mempengaruhi keseimbangan, pebalap bisa terjatuh.

Simak Video "Kebersamaan Rossi dan Yamaha di MotoGP Segera Berakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com