Jumat, 28 Jun 2019 10:59 WIB

Ban Michelin untuk Rossi Dkk Balapan di MotoGP Belanda

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ban MotoGP. Foto: Mirco Lazzari/Getty Images. Ban MotoGP. Foto: Mirco Lazzari/Getty Images.
Assen - MotoGP akhir pekan ini akan digelar di Belanda, tepatnya di TT Circuit Assen. Michelin sebagai penyedia tunggal ban untuk balapan MotoGP menyiapkan ban untuk digunakan di sirkuit tersebut.

Sirkuit TT Assen menawarkan karakter yang cepat, mengalir dan teknis. Sirkuit sepanjang 4.542 km dengan campuran enam tikungan kiri dan 12 tikungan kanan itu bisa membuat ban belakang berada di bawah tekanan yang subtansial.


Temperatura diperkirakan akan tinggi yang berarti bahwa Michelin akan membawa ban belakang soft, medium, dan hard dengan desain asimetris dari sisi kanan yang lebih keras.

Ban depan diprediksi tidak begitu bekerja keras. Untuk itu, ban soft, medium dan hard hadir dengan desain simetris.

Michelin juga menyiapkan ban basah dengan compound soft dan medium untuk ban depan serta extra-soft symmetric dan soft asymmetric dengan sisi kanan yang lebih keras.

"Assen adalah trek yang sangat teknis dan yang kami persiapkan dengan cara yang sedikit berbeda. Ban belakang melakukan sebagian besar pekerjaan karena tuntutan ditempatkan di atasnya melalui tikungan yang cepat dan mengalir. Sehingga semua pebalap membutuhkan cengkeraman yang baik dan konsisten, karena apa yang mereka lakukan dalam satu putaran dapat dengan mudah mempengaruhi sisa putaran lainnya," kata Piero Taramasso, Michelin Motorsport Two-Wheel Manager dikutip laman resmi MotoGP.


Kata dia, Assen juga merupakan sirkuit di mana pengendara ingin gaspol selama balapan berlangsung dengan konsistensi serta cengkeraman ekstra yang diberikan. Selain itu, sirkuit ini juga menjadi trek yang cuacanya bisa berubah dengan cepat.

"Jadi kami harus siap untuk itu, kami telah memiliki satu balapan basah di sana sejak kami kembali ke MotoGP dan ban bekerja dengan sangat baik, sejak saat itu senyawa-senyawa tersebut ditingkatkan," ujarnya.

Simak Video "Adu Ganteng Mobil Modifikasi IAM di Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com