Jumat, 14 Jun 2019 19:56 WIB

Takut Kalah, BMW Tidak Mau Ikut Balap MotoGP

Rizki Pratama - detikOto
Ilustrasi BMW Motorrad Foto: Rengga Sancaya Ilustrasi BMW Motorrad Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - BMW bukanlah nama kecil di dunia otomotif. Meskipun lebih dikenal dengan produk mobilnya, Para pecinta roda dua tentu tau seberapa canggihnya teknologi-teknologi yang diusung oleh motor keluaran BMW Motorrad.

Teknologi tersebut sayang sekali jika tidak mendapatkan kesempatan unjuk gigi di ajang balap motor paling berkelas di muka bumi seperti MotoGP. Faktanya, BMW juga merupakan satu-satunya nama besar dunia otomotif yang belum meninggalkan jejak di aspal MotoGP.



Seperti dilansirkan oleh Visordown, ada sejumlah alasan yang menjadi penyebab BMW enggan mengecap panasnya kompetisi MotoGP.

Alasan pertama BMW tidak ikut MotoGP adalah mereka tidak mau merasakan kalah. Kekalahan atau buruknya penampilan di kancah internasional ini akan memberikan pengaruh besar terhadap branding perusahaan Jerman ini. Andai kata mereka ingin benar-benar turut serta untuk menang, maka investasi besar perlu digelontorkan.



Selanjutnya BMW tidaklah perusahaan yang meraup keuntungan terbesar dunia dan dengan mudahnya membuang-buang uang untuk sesuatu yang belum tentu dimenangkan. Mercedes-Benz sendiri perlu membakar 300 juta Poundsterling sebelum merasakan kemenangan di F1 dan memberikan pengaruh pada penjualannya.

Masalah finansial dan komitmen memang menjadi fundamental dalam keikutsertaan dalam ajang balap MotoGP. Kawasaki sendiri mengakui hal tersebut yang mana seperti diketahui telah menarik diri dari MotoGP dan fokus di balapan Superbike saja. Tak kunjung meraih prestasi dan modal besar telah membuat Kawasaki hengkang dari kompetisi MotoGP. (rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com