Senin, 20 Mei 2019 14:45 WIB

'Sayap' Aerodinamis Yamaha, Sunat Kecepatan Motor Rossi?

Ridwan Arifin - detikOto
Valentino Rossi Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Valentino Rossi Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - Valentino Rossi mengeluhkan motor YZR-M1 tunggangannya tidak cukup mumpuni saat melintas di trek lurus. Hal ini ia ungkapkan usai finish di posisi kelima seri MotoGP Prancis, Le Mans.

"Ini adalah balapan yang sulit, untungnya saya mulai di depan, dan memulai start tidak terlalu buruk. Saya berupaya maksimal, tetapi saya tidak cukup cepat. Saya kehilangan terlalu banyak di trek lurus. Saya kehilangan terlalu banyak akselerasi di tikungan kecepatan rendah," ungkap Rossi seperti dikutip Crash.net, Senin (20/05/2019).



Lebih lanjut, pebalap berusia 40 tahun ini mengatakan motor Yamaha memang tidak cukup baik di dalam sirkuit. Kendati demikian, tahun ini lebih banyak hilangnya kecepatan.

"Dalam sejarah, sejak 2004 Yamaha tidak pernah fantastis di garis lurus. Tapi sepertinya tahun ini kita kehilangan sangat banyak," ujar Rossi.



"Kami berhasil meningkatkan umur ban. Motornya enak dikendarai, pun saat pengereman. Tapi sepertinya yang lain (rival) membuat peningkatan juga, terutama Honda. Sekarang perbedaannya sangat besar, periksa saja daftarnya (top speed) kami (Yamaha) sangat menderita," jelas Rossi.

Saat disinggung mengenai fairing aerodinamis Yamaha untuk menghindari gejala wheelie, dan mampu meningkatkan akselerasi. Rossi setuju akan hal tersebut, namun hal ini cukup berpengaruh dengan kecepatan top speed yang dicapai.

"Mengalami peningkatan kecil dalam hal akselerasi dan bagus untuk mencegah wheelie. Tetapi dalam kecepatan tertinggi kami kehilangan banyak, itu sulit, terutama saat dalam kompetisi,"pungkasRossi.



Simak Juga 'Monster Baru Yamaha untuk Rossi dan Vinales':

[Gambas:Video 20detik]

'Sayap' Aerodinamis Yamaha, Sunat Kecepatan Motor Rossi?
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com