Senin, 01 Apr 2019 15:57 WIB

Ini Kandungan Utama Ban F1

Rizki Pratama - detikOto
Ilustrasi Formula 1 Foto: Robert Cianflone/Getty Images Ilustrasi Formula 1 Foto: Robert Cianflone/Getty Images
Jakarta - Selain bentuknya yang tidak seperti mobil penumpang, hal lain yang membuat mobil F1 tampak berbeda secara kasat mata adalah bannya. Dengan bentuk bulat menggelembung dan ban mobil F1 terbuat dari bahan material khusus.

Ban khusus yang teruji sesuai untuk kecepatan tinggi mobil F1 memiliki struktur material pembentuk ban yang unik. Scott Mansell yang mendapatkan Pirelli F1 bekas mengungkap apa isi dari ban F1 dengan membelahnya.



Menggunakan gergaji mesin kecil, Mansell memperlihatkan bagian atau sisi ban F1 yang tidak biasanya muncul di layar kaca saat menonton balapan. Prosesnya pembelahan ban ini pun cukup menarik, kepulan asap dari karet dan percikan api muncul akibat pemotongan bahan kawat yang membentuk ban.

Struktur utama ban ini terbagi atas 3 bagian utama, Bead yang bergesekkan langsung dengan pelek, sidewall, dan tapak ban.

Bagian paling tebal dari ban F1 adalah beadnya sendiri dan yang paling kaku di antara bagian lainnya. Bahannya terbuat dari kawat baja yang dilapisi karet untuk memberikan cengkeraman pada velg. Untuk menyokong cengkeraman ban pada velg saat friksi tinggi ada 'kerutan' di bagian dalamnya.



Bagian dalam ini tidak kalah penting dalam balapan mobil super kencang tersebut. Saat mengerem dalam kecepatan tinggi, jika bagian dalam ban tidak melakukan cengkeraman tidak baik pada velg maka berbagai masalah kendali akan muncul.

Sementara itu bagian sisi ban atau sidewall lebih tipis dan terbuat dari karet sepenuhnya. Bagian ini dibuat untuk bisa memberikan fleksibilitas pada ban yang akan diisi angin sesuai kebutuhan.

Terakhir adalah tapak ban yang melakukan kontak langsung dengan aspal. Bagian ini cukup keras tapi fleksibel yang membedakannya dengan bagian dalam ban. Bagian tapak ban ini juga berisikan kawat baja.

[Gambas:Youtube]

(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com