Senin, 11 Mar 2019 16:19 WIB

Dovizioso Sebut Winglet Tak Bikin Ducati Jadi Ngacir

Dina Rayanti - detikOto
Winglet pada motor Ducati. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Winglet pada motor Ducati. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Doha - Kemenangan Andrea Dovizioso dalam MotoGP Qatar 2019 disanksikan empat tim pabrikan karena dianggap menggunakan komponen ilegal yakni winglet. Winglet tersebut terpasang tepat di bagian depan ban belakang Ducati Desmosedici GP19.

Winglet tersebut sengaja dipasang dengan tujuan untuk mendinginkan ban belakang. Winglet itu sendiri sudah dijajal oleh rekan setim Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci sejak latihan bebas menjelang balapan MotoGP Qatar 2019.


Petrucci pun menolak kalau winglet bisa memberikan efek dalam mendinginkan ban tanpa menjelaskan tujuan sebenarnya.

Kelihatan nggak aero kit di depan ban belakang Andrea Dovizioso?Kelihatan nggak aero kit di depan ban belakang Andrea Dovizioso? Foto: Ducati


Dovizioso tak memiliki banyak waktu untuk mengetes winglet hingga balapan hari Minggu. Winglet disebutkan Dovizioso tak memberikan pengaruh banyak terhadap performa di seri perdana MotoGP tahun 2019 itu.

Dovizioso mengatakan tidak ada bedanya saat ia menggunakan winglet belakang dan perangkat aerodinamis di ban depan.



"Kami melihat di TV mereka bilang untuk mendinginkan ban tapi nyatanya bukan itu alasan utama (pemasangan winglet)," jelas Petrucci dikutip Crash, Senin (11/3/2019).

"Ada juga komponen aerodinamis di depan saya juga mengetahui alasannya tapi sayangnya saya tak bisa mengungkap karena itu bagian dari kontrak," sambung Petrucci.

Ducati memang sempat beberapa kali mencari formula terbaik agar motornya bisa melaju kencang. Sebelum winglet belakang, Ducati juga sempat mengenalkan fairing yang disebut lebih aerodinamis. Fairing tersebut sengaja dipasang untuk menggantikan winglet depan yang terbilang kontroversial pada tahun 2017. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com