Senin, 11 Mar 2019 13:31 WIB

Wujud Winglet di Motor Ducati yang Bikin Dovizioso Digugat

Dina Rayanti - detikOto
Winglet pada motor Ducati. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Winglet pada motor Ducati. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Doha - Kemenangan pebalap Ducati Andrea Dovizioso di seri pembuka MotoGP 2019 menuai kontroversi. Empat tim yaitu Suzuki, Honda, KTM, dan Aprilia secara resmi mengajukan protes ke Race Director MotoGP. Mereka mempermasalahkan winglet yang dianggap sebagai komponen ilegal dalam balapan MotoGP Qatar 2019

Winglet tersebut baru terbilang baru dikenalkan oleh Ducati. Winglet dipasang tepat di bagian depan ban belakang dan bertujuan untuk membantu mendinginkan ban.


Winglet itu sudah digunakan oleh rekan setim Dovizioso Danilo Petrucci pada sesi latihan sebelum keduanya memutuskan untuk menggunakan pada sesi balapan. Sementara Dovizioso baru mulai memakainya pada sesi pemanasan, beberapa jam sebelum balapan dimulai.

Ducati memang sempat beberapa kali mencari formula terbaik agar motornya bisa melaju kencang. Sebelum winglet belakang, Ducati juga sempat mengenalkan fairing yang disebut lebih aerodinamis. Fairing tersebut sengaja dipasang untuk menggantikan winglet depan yang terbilang kontroversial pada tahun 2017.

Meski begitu kemenangan Dovizioso dalam seri MotoGP Qatar kini sudah sah. Gugatan yang diajukan oleh empat pabrikan tersebut resmi ditolak karena pemasangan winglet dianggap tak menyalahi aturan yang berlaku.


Dovizioso memenangi MotoGP Qatar dengan keunggulan hanya 0,023 detik dari Marc Marquez. Sementara Danilo Petrucci, yang juga menunggangi Ducati, finis di urutan enam.

Namun ofisial balapan juga mengonfirmasi kalau kasus ini akan dibawa ke MotoGP Court of Appeals untuk menggali keterangan lebih lanjut.

(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com