Jumat, 22 Feb 2019 11:36 WIB

Gas Terus Sampai Lombok untuk Nonton MotoGP Butuh 4 Hari

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Rangga Rahadiansyah Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Indonesia akan menggelar balapan motor paling bergengsi di dunia, MotoGP. Venue yang ditunjuk adalah di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Di Lombok, rencananya akan dibuat sirkuit jalan raya di Mandalika. MotoGP Indonesia akan digelar pada 2021.

Digelarnya MotoGP di Indonesia tersebut mendapat sambutan positif dari kalangan penggemar roda dua. Bahkan, tak menutup kemungkinan adanya kesempatan untuk touring naik motor menuju Lombok untuk nonton MotoGP 2021.



Bahkan, menurut Fariz Sudrajat, humas Nmax Riders-Xmax Riders (NRXR) Bekasi, pihaknya menyambut positif rencana itu. Tak heran jika banyak komunitas yang ingin touring menuju Lombok untuk sekadar nonton MotoGP.

"Menurut saya hal itu (touring ke Lombok untuk nonton MotoGP) akan sangat mungkin apalagi ini adalah first moment of top," kata Fariz kepada detikOto, Jumat (22/2/2019).



NRXR sendiri pernah melakukan touring naik motor ke Lombok. Kala itu, NRXR touring sekaligus menggaungkan kampanye #nodrivingunder17, sebuah kampanye keselamatan jalan raya agar anak-anak di bawah umur tidak berkendara. Kata Fariz, pihaknya menghabiskan waktu 4 hari untuk menuju Lombok.

"Perjalanan 4 hari mas rute utara (jalur Pantura Pulau Jawa), menyeberang di Banyuwangi ke Bali setelah itu baru ke Lombok," kata Fariz.

Saat itu, ketika berangkat komunitas NRXR Bekasi hanya beristirahat di rest area, restoran, minimarket atau masjid. Sisanya, mereka gaspol sampai Bali.

"Stay semalam hanya di Bali. Sebelum lanjut pagi gas ke Lombok," kata Fariz.

Pengalaman NRXR Bekasi dalam melakukan touring ke Lombok ini mungkin bisa dijadikan inspirasi buat Otolovers yang ingin touring ke Mandalika untuk nonton MotoGP dua tahun lagi. Yang pasti, harus ada persiapan matang sebelum berangkat touring, baik persiapan waktu, fisik, kesehatan motor, sampai dukungan finansial.

Sementara itu, MotoGP Indonesia rencananya akan menggunakan sirkuit jalan raya Mandalika yang memiliki panjang 4,32 km. Sirkuit tersebut memiliki satu lintasan lurus, yang sepertinya akan menjadi garis start/finis.

Sirkuit akan terdiri dari 18 tikungan. Untuk sarana penunjang, area paddock akan memiliki 40 garasi untuk operasional tim balap. Sementara kapasitas grand stand mencapai 93.200 tempat duduk. Itu belum termasuk 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites yang mampu menampung 7.700 penonton. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com