Kamis, 13 Des 2018 07:59 WIB

Latihan Fisik Pebalap MotoGP Keras Juga

Ridwan Arifin - detikOto
Dimas Ekky Pratama di Valencia. Foto: Astra Honda Racing Team
Jakarta - Menjadi pebalap MotoGP tidak hanya cukup memacu kendaraan, menyalip lawan, hingga memiringkan badan saat menikung.

Persiapan fisik juga harus dilakukan dengan segenap latihan berat yang harus dijalani. Tak terkecuali bagi Dimas Ekky Pratama yang tahun depan bakal bertarung penuh dalam ajang Moto2 bersama tim Idemitsu Honda Team Asia.

Ia mengungkapkan tidak ada pebalap yang melewati harinya tanpa latihan fisik, meski bentuk yang dilakukan dapat beraneka ragam untuk melatih tiga hal, yakni endurance, strength, dan kelincahan.



"Idealnya seperti pengalaman di MotoGP, lima sampai enam hari itu full latihan fisik, contohnya kita butuh endurance di atas motor supaya oksigen bisa naik cepat dan berpikir cepat, strength, kelincahan juga kita butuh," ungkap Dimas kepada detikOto.

"Tidak hanya latihan fisik aerobik seperti sepeda, lari, atau gym, juga kita butuh latihan di atas motor seperti d'track, atau supermoto," kata Dimas.



Tak hanya itu, Dimas terkadang juga berlatih di sirkuit yang lebih kecil hal ini bertujuan agar Dimas lebih mudah mengendalikan motor balap Moto2.

"Atau seperti motor 250 di sirkuit karting yang lebih kecil supaya ketika kita pindah ke sirkuit yang lebih ringan kita bisa pegang motor lebih ringan dan kondisi fisik stamina lebih di atas," ujarnya.

Menjinakkan sepeda motor Moto2 bukan hal yang pertama bagi Dimas. Dia sudah pernah mencicipi atmosfer ketat balapan ajang ini beberapa kali.



Tonton video 'Momen Marquez hingga Rossi Tersungkur di MotoGP Valencia':

[Gambas:Video 20detik]

(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com