Minggu, 04 Nov 2018 10:43 WIB

Ini Sebabnya Rossi Lebih Sulit Kendalikan Motor daripada Vinales

Dina Rayanti - detikOto
Rossi dan Vinales. Foto: Tiziana Fabi/AFP Photo Rossi dan Vinales. Foto: Tiziana Fabi/AFP Photo
Jakarta - Bobot tubuh dan ukuran rupanya turut berpengaruh dalam seseorang mengendarai sepeda motor. Apalagi motor balap.

Misalnya Valentino Rossi yang memiliki postur 10 cm lebih tinggi dan berat dari rekan setimnya Maverick Vinales membuatnya sedikit kesulitan saat mengendarai motor.


Diakui pebalap asal Italia itu, dirinya kesulitan mengendalikan ban belakang. Rossi harus bekerja lebih keras untuk bisa mengatur tekanan pada ban agar tak cepat berkurang.

"Bagi saya, perbedaan (dari rider lain) adalah berat badan namun tidak terlalu signifikan. Meski begitu saya memang lebih berat," ujar Rossi saat membandingkan dirinya dengan Vinales dikutip Motorsport, Minggu (4/11/2018).

"Saya juga lebih tinggi, saat Anda memiliki postur tinggi itu lebih sulit untuk mengendalikan ban belakang agar tidak cepat habis. Anda akan memiliki beberapa keuntungan namun juga memberikan bobot lebih ke ban belakang," ungkapnya.

Saat melakoni balapan seri Australia Vinales memang tampil lebih baik. Ia berhasil menyelesaikan balapan di tempat pertama. Sedangkan Rossi harus tercecer di posisi keenam.

"Anda harus bekerja lebih keras untuk menyesuaikan posisi balap di atas motor karena dengan ban yang sekarang jika memiliki bobot lebih Anda akan kesulitan," tutur Rossi.


Rossi juga mengatakan kalau ia dan Vinales memeiliki gaya balap berbeda. Vinales lebih bertumpu pada bagian depan motor.

"Ia lebih condong ke depan. Perbedaannya saya lebih tinggi sehingga saya harus lebih menyesuaikannya," beber Rossi. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed