Senin, 22 Okt 2018 20:43 WIB

Di Balik Pembuatan Helm untuk Marc Marquez

Dina Rayanti - detikOto
Marc Marquez. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Marc Marquez. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - Membuat helm membutuhkan proses yang sulit dan juga menggunakan teknologi super canggih. Apalagi helm buat pebalap sekelas Marc Marquez.

Helm Marquez dikerjakan oleh pekerja Jepang yang bekerja untuk Shoei. Tak sembarangan, mereka sudah memiliki pengalaman lebih dari 50 tahun dalam membuat helm.


Sebelum dibuat, Shoei terlebih dahulu mengumpulkan informasi terkait bentuk kepala agar pas saat dipakai. Helm pun disesuaikan dengan kondisi meteorologi. Melansir Box Repsol, Senin (22/10/2018), Marquez tak terlalu rewel soal helmnya.

Saat ia mencoba dan helm pas di kepala, pebalap asal Spanyol itu memberikan masukan soal ventilasi, aerodinamis, dan apa rasanya memakai helm itu.

Pada awal musim ada 40-50 helm yang diboyong Shoei dalam balap MotoGP. Sisanya helm dibawa oleh para pebalap itu sendiri. Racing Services menyiapkan lebih dari 100 helm setiap pekannya.

Sedangkan untuk Marquez, jumlah helm dalam satu musim bervariasi. Biasanya jumlah helm antara 6 dan 15.

Marquez baru saja menjuarai MotoGP musim 2018. Kali ini, perayaan juara dunia 2018 Marquez cukup berbeda. Dia seakan memainkan video game yang hadiahnya sebuah helm. Awalnya, Marquez memasukkan koin besar, kemudian dia memainkan video game dan memenangkan game tersebut. Imbalannya, keluarlah helm emas.

"Anda menang! Level 7 Juara Dunia 2018. Ambil helmmu," begitu tulisan yang tertera di video game tersebut.


Dari situ, Marquez pun mengenakan helm emas. Helm Shoei berwarna emas dan paduan warna hitam mengantarkan Marquez menuju podium.

Helm emas ini bukan pertama kali dipakai Marquez untuk selebrasi setelah menyabet gelar juara dunia. Tahun-tahun sebelumnya, setelah dipastikan jadi juara dunia di MotoGP, Marquez juga mengenakan helm emas untuk selebrasi.

Helm Shoei dengan paduan emas dan hitam ini selalu menjadi perayaan Marquez setelah menyabet gelar juara dunia. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed