Minggu, 21 Okt 2018 19:02 WIB

Meriahnya Final Race Honda Dream Cup 2018 di Yogyakarta

Ristu Hanafi - detikOto
Honda Dream Cup 2018. Foto: Ristu Hanafi Honda Dream Cup 2018. Foto: Ristu Hanafi
Jakarta - Event road race Honda Dream Cup (HDC) 2018 memasuki seri final. Final race event balap one make race ini digelar di sirkuit Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu-Minggu (20-21/10/2018).

"HDC sebagai wadah dukungan bagi pebalap muda dan tim balap berbakat di berbagai daerah untuk menapaki prestasi balap yang semakin tinggi. Ajang balap ini memberikan kesempatan bagi putra bangsa di berbagai daerah untuk merasakan suasana kompetisi balap sesungguhnya dengan regulasi berstandar nasional yang mengedepankan unsur keselamatan," kata General Manager Marketing Planning & Analysis Division PT Astra Honda Motor (AHM), Agustinus Indraputra, dalam keterangannya.

HDC yang memasuki tahun gelaran ke-14 membawa penyegaran baru pada kelas yang dilombakan. Tahun ini, HDC menghadirkan kelas U-12 yaitu kelas khusus untuk pebalap usia maksimal 12 tahun. Selain itu, gelaran HDC tahun ini pun menjadi semakin berbeda seiring dengan fokus dukungan dan pembinaan balap pada kelas 150cc.

"Kami menghadirkan kelas baru khusus U-12 untuk memberi ruang pembinaan kepada para pebalap muda yang potensial. AHM berharap mimpi di dunia balap ini bisa diraih oleh siapapun sejak usia dini dengan dukungan ketangguhan sepeda motor Honda di lintasan balap HDC," jelas Indraputra.

"Kami yakin pertumbuhan potensi pebalap dan tim di daerah akan semakin meningkat dan mampu melahirkan pebalap berprestasi yang bisa menjadi kebanggaan daerahnya masing-masing," sambungnya.


HDC 2018 berlangsung sejak April hingga Oktober 2018. Kota Cimahi, Jawa Barat menjadi kota pembuka HDC tahun ini pada 21 April 2018, dilanjutkan Palangkaraya - Kalimantan Tengah (Mei), Pekanbaru - Riau (Juli), Medan - Sumatera Utara (Agustus), Surabaya - Jawa Timur, Makassar - Sulawesi Selatan (September) dan ditutup di Yogyakarta. One make race Honda lokal juga diadakan di Sumatera Barat dan Sulawesi Utara.

Terdapat 7 kelas yang dilombakan di HDC 2018, yaitu Sonic 150R/Supra GTR150 Tune Up Seeded, Sonic 150R/Supra GTR150 Tune Up Pemula, Sonic 150R/Supra GTR150 Standard Pemula - U16, Sonic 150R/Supra GTR150 Standard Pemula Terbuka, Honda CBR150R Standard Seeded, Honda CBR150R Standard Pemula dan Sonic 150R/Supra GTR150 Standard Pemula - U12.

Melalui HDC, lanjut Indraputra, AHM ingin memunculkan para pebalap daerah berbakat sehingga mampu meraih mimpi yang lebih tinggi seperti halnya pebalap internasional Astra Honda Racing Team (AHRT) Rheza Danica Ahrens, Mario Suryo Aji dan Afridza Munandar.

Tahun ini Mario Suryo Aji mampu meraih prestasi berupa raihan 3 podium di event balap internasional Asia Talent Cup (ATC) dan Asia Road Racing Championship (ARRC). Mario meraih dua podium kedua pada ATC seri Losail dan Buriram serta podium dua pada ARRC seri Buriram. Sementara Afridza berhasil meraih podium 3 di ATC Buriram dan Rheza juga berhasil mendapatkan podium 3 di ARRC seri Buriram.

"Mereka adalah para pebalap daerah yang pernah menjadi bagian dari Honda Dream Cup dan saat ini menjadi kebanggaan bangsa di ajang balap internasional," pungkas Indraputra. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed