Jumat, 13 Jul 2018 10:32 WIB

Kalau Haus Tinggal Sedot, Ini Selang Minum di Helm Pebalap MotoGP

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selang Minum di Helm MotoGP. Foto: Twitter/Simon Patterson Selang Minum di Helm MotoGP. Foto: Twitter/Simon Patterson
Jakarta - Pebalap motor harus selama balapan sangat menguras tenaga. Konsentrasi penuh pun dibutuhkan oleh pebalap agar bisa finis terdepan. Untuk itu, pebalap motor harus tetap menjaga cairan tubuh agar tetap bisa konsentrasi.

Saat mengendarai motor MotoGP seberat 160 kg, misalnya, kondisi tubuh memang harus fit. Pebalap bukan hanya dihadapkan dengan bobot motor saja tapi juga cuaca panas. Mengendarai motor di negara dengan suhu udara cukup tinggi pastinya mengeluarkan banyak keringat.



Pebalap MotoGP pun menggunakan helm yang dibekali selang air minum. Buat yang penasaran bagaimana sistem saluran minum yang ada di helm pebalap, reporter MotoGP, Simon Patterson, memberikan penjelasan. Helm LS2 yang digunakan pebalap diperlihatkan lengkap dengan selangnya.

Dilihat dari fotonya, terdapat selang yang melingkar di bagian bawah helm. Di bagian depan dalam helm, ada semacam moncong yang bisa diambil oleh rider menggunakan mulutnya.

"Selang memiliki katup gigitan di ujungnya yang dilekatkan tali elastis. Dan pengendara bisa mengambilnya dengan mulut mereka saat (sedang balapan) di atas motor," jelas Patterson.



Di ujung selang lainnya yang melingkar di bawah helm, terdapat katup yang menghubungkan selang ke botol minum. Ketika rider mulai turun balapan, selang dari botol yang ada di punuk pebalap dan selang yang ada di helm tinggal dihubungkan. Sewaktu-waktu ingin minum, pebalapnya tinggal menyedotnya.

Botol minum disimpan di punuk baju balap rider. Menurut Patterson, pebalap biasanya membawa air tak lebih dari 500 ml.

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed