Senin, 18 Jun 2018 15:06 WIB

Setelah 20 Tahun, Toyota Juarai Balap Le Mans 24 Jam

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Toyota Juarai Balap Le Mans 24 Jam. Foto: Dok. Toyota Toyota Juarai Balap Le Mans 24 Jam. Foto: Dok. Toyota
Le Mans - Setelah 20 tahun ikut balap ketahanan Le Mans 24 Jam, Toyota akhirnya bisa menjuarai balap legendaris itu. Pada balap Le Mans 24 Jam yang ke-86, Toyota Gazoo Racing berhasil finis terdepan.

Mobil Toyota TS050 Hybrid yang dikendarai Sebastien Buemi, Kazuki Nakajima dan Fernando Alonso dengan nomor #8 berhasil menjuarai balap ketahanan Le Mans 24 Jam yang digelar akhir pekan kemarin. Toyota mengawali balapan dari pole position dan sukses finis terdepan setelah memutari sirkuit sebanyak 388 lap.



Ini merupakan sejarah baru bagi Toyota yang sukses menjuarai balap ketahanan ini. Sebab, setelah 20 tahun mencoba peruntungan di Le Mans 24 Jam, Toyota sukses menjuarai balapan legendaris tersebut.

Tak cuma mobil nomor #8 tunggangan Sébastien Buemi, Kazuki Nakajima dan Fernando Alonso, mobil Toyota lainnya juga finis kedua. TS050 HYBRID #7 yang ditunggangi Mike Conway, Kamui Kobayashi dan José María López berhasil memukau 256.900 fans dengan finis kedua.



Toyota telah memasuki 47 mobil di Le Mans sebelum balapan akhir pekan kemarin. Toyota juga telah berhasil finis naik podium enam kali. Toyota menjadi salah satu dari dua pabrikan Jepang yang memenangkan balapan La Sarthe setelah Mazda. Sementara Kazuki Nakajima adalah pebalap Jepang pertama yang memenangkan balapan di mobil Jepang.

Mobil balap TS050 HYBRID juga cukup unik. Setelah pengembangan yang diupayakan TOYOTA GAZOO Racing, mobil balap dengan teknologi hybrid-electric itu berkembang pesat. Pada balapan Le Mans 24 Jam akhir pekan kemarin, mobil tersebut meminum bahan bakar 35 persen lebih sedikit dibanding balapan yang sama tahun 2012. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed