Rabu, 28 Mar 2018 11:47 WIB

Marquez Kalahkan Rossi Jadi Pebalap Paling Tajir di MotoGP

Dina Rayanti - detikOto
Aksi pebalap MotoGP di Qatar (Foto: Ibraheem Al Omari/Reuters) Aksi pebalap MotoGP di Qatar (Foto: Ibraheem Al Omari/Reuters)
Jakarta - Juara dunia tujuh kali MotoGP Valentino Rossi baru saja menandatangani kontrak terbarunya bersama Yamaha untuk jangka waktu dua tahun. Dengan begitu Rossi bakalan membalap hingga tahun 2020.

Hal itu membuat gaji pebalap kelahiran Urbino Italia itu meningkat bahkan dua kali lipat lebih besar dari rekan setimnya Maverick Vinales.

Meski meningkat, gaji Rossi bukanlah yang terbesar di MotoGP musim ini seperti dikutip Express.co.uk dari data yang dikumpulkan oleh TSMSportz, dan juga mengutip data-data dari Forbes dan BBC. Namun bisa saja data ini berubah menyusul bonus kemenangan atau pendapatan dari sponsor.



Predikat pebalap MotoGP dengan gaji terbesar yang sudah beberapa tahun ditempati Rossi, tahun 2018 ini ditempati oleh rivalnya Marc Marquez. Marquez tercatat mendapatkan gaji sebesar US$ 11,5 juta atau setara Rp 157 miliar.

Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images


Rossi harus turun ke posisi kedua dengan US$ 10 juta yang setara dengan Rp 137 miliar.

Rossi setahun kumpulkan Rp 137 miliarRossi setahun kumpulkan Rp 137 miliar Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images


Sementara pebalap Spanyol dari tim Ducati Jorge Lorenzo berada di tempat ketiga dengan US$ 8 juta yang kalau dirupiahkan setara Rp 109 miliar.

Jorge Lorenzo setahun dapatkan Rp 109 miliarJorge Lorenzo setahun dapatkan Rp 109 miliar Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images


Performa cemerlang pebalap Ducati Andrea Dovizioso membuatnya mendapatkan gaji lebih. Dovi yang dulu sempat mengisi posisi sembilan dari 10 pebalap MotoGP sekarang naik ke posisi empat dengan US$ 70 juta atau Rp 96 miliar.

Pundi Dovizioso naik drastis setelah prestasi oke di 2017Pundi Dovizioso naik drastis setelah prestasi oke di 2017 Foto: Ibraheem Al Omari/Reuters


Sementara di tempat kelima diisi oleh Maverick Vinales dengan US$ 5 juta yang setara dengan Rp 68 miliar.

Maverick VinalesMaverick Vinales Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images


Penghitungan tersebut baru berdasarkan gajinya saja ya Otolovers, belum termasuk sponsor yang melekat pada tubuh sang pebalap. Rossi misalnya pada tahun 2017 menyandang predikat sebagai pebalap dengan penghasilan tertinggi berkat gaji, sponsor, dan usaha yang dimilikinya.

Kala itu pendapatan bersih dari gaji dan juga segala usaha Rossi diperkirakan mencapai US$ 135 atau sekitar Rp 1,8 triliun.

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed