Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 19 Maret 2018, 15:54 WIB

Apa Itu Slipstream yang Disebut Komentator MotoGP Semalam?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Apa Itu Slipstream yang Disebut Komentator MotoGP Semalam? Foto: Karim Jaafar/AFP Photo
Jakarta - MotoGP seri pertama semalam berlangsung sengit. Pebalap Ducati Andrea Dovizioso keluar sebagai juara di MotoGP Seri Qatar.

Berbagai teknik balap dilakukan para pebalap MotoGP semalam untuk finis terdepan. Salah satunya adalah teknik slipstream yang beberapa kali disebut komentator MotoGP semalam.

Misalnya di putaran ke-18, Dovizioso memanfaatkan teknik slipstream untuk melewati Zarco. Sebenarnya apa sih teknik slipstream itu?

Menurut laman How It Works, slipstream adalah teknik yang digunakan oleh pebalap, baik pebalap sepeda, motor, maupun mobil dengan memanfaatkan momen dan area tertentu untuk 'mencuri angin' dari pebalap di depannya. Teknik slipstream memanfaatkan area dengan tekanan udara lebih rendah di belakang pebalap lain demi mengurangi hambatan.

Seiring kendaraan melaju cepat, kendaraan itu akan menghadapi hambatan udara yang 'menampar' dari depan. Makanya, sistem aerodinamika terbaik dibutuhkan para pebalap untuk bisa memecah hambatan angin dengan sempurna sehingga bisa melaju lebih cepat lagi.

Teknik slipstream bisa diterapkan oleh pebalap yang posisinya di belakang pebalap lainnya. Pebalap itu bisa membuntuti pebalap di depannya yang sudah memecah angin di depan.

Misalnya, pebalap yang memimpin suatu perlombaan melaju melawan angin di depan mereka dan mengalihkan arus udara itu ke sekitar sisi motor. Tepat di belakang pebalap yang memimpin itu terdapat area bertekanan rendah (karena sudah dipecah dari depan). Pebalap di belakangnya bisa memanfaatkan area itu. Pebalap di belakangnya tersebut hanya memerlukan usaha yang lebih sedikit karena mereka tidak lagi menghadapi hambatan angin.

Jika diperhatikan, di trek lurus ketika menyalip Zarco, Dovizioso membuntuti tepat di belakang Zarco. Dia memanfaatkan Zarco untuk menjadi tameng yang memecah angin di depan demi mengurangi hambatan angin. Dan menjelang tikungan, dia baru memanfaatkan momen untuk menyalip Zarco. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed