Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 16 Maret 2018, 16:37 WIB

Ini Motor yang Bikin Rossi Pede Balapan Sampai Usia 41 Tahun

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ini Motor yang Bikin Rossi Pede Balapan Sampai Usia 41 Tahun Ini tunggangan Rossi yang bikin ia bisa balapan di usia 41 tahun. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Doha - Valentino Rossi memutuskan untuk memperpanjang kontrak dengan Yamaha di MotoGP. Dengan perpanjangan kontrak ini, Rossi akan balapan bersama tim Yamaha sampai 2020. Artinya, di usianya yang ke-41 tahun Rossi akan terus balapan.

Dalam konferensi pers jelang MotoGP Qatar semalam, Rossi buka-bukaan soal kontrak baru dengan Yamaha. Dia mengaku masih cukup kompetitif di balapan MotoGP.

"Dua tahun lalu ketika saya menandatangani kontak terakhir, saya pikir mungkin itu kontrak terakhir atau bukan. Saya akan putuskan selama dua musim ini. Di pikiran saya, saya akan mencoba melanjutkan. Tantangan memang sangat tinggi, karena bertahan di level tertinggi sangat kompetitif dan lebih sulit. Tapi saya pikir saya cukup kuat dan punya cukup motivasi untuk mencobanya," kata Rossi di konferensi pers seperti dalam video yang diunggah twitter MotoGP.


Akhir musim 2017, Rossi berdiskusi dengan Yamaha. Pebalap berusia 39 tahun itu bilang ke tim Yamaha, bahwa dia akan putuskan kontrak baru setelah tes musim dingin.

Jika Rossi bisa bertahan di tes musim dingin, maka dia akan tanda tangan kontrak baru. Dan pada akhirnya dia mengakui tes musim dingin sangat baik karena didukung motor Yamaha YZR-M1 2018 yang menurutnya sudah bagus.

"Saya suka motornya, saya merasa nyaman, saya merasa cepat," kata Rossi.


Sekadar diketahui, Rossi di musim 2018 ini menunggangi Yamaha YZR-M1 model 2018. Motor itu menggunakan mesin 1.000 cc berpendingin cairan empat silinder segaris dengan crankshaft crossplane. Tenaga yang dihasilkan mesin itu mencapai lebih dari 240 daya kuda. Tenaga disalurkan melalui girboks tipe kaset enam percepatan.

Motor itu menggunakan sasis aluminium twin tube Delta Box dengan multiadjustable steering geometry dan aluminium swingarm. Motor juga didukung suspensi depan Ohlins upside down dan suspensi belakang Ohlins juga. Untuk mendukung pengereman, motor Rossi dibekali rem Brembo, dua piringan 320 atau piringan karbon 340 di depan dengan kaliper dua piston dan satu rem cakram stainless steel di belakang dengan kaliper dua piston.


(rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed