Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 05 Desember 2017, 14:15 WIB

Mau Tahu Bagaimana Pebalap MotoGP Oper Gigi? Lihat Ini

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mau Tahu Bagaimana Pebalap MotoGP Oper Gigi? Lihat Ini Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - Balapan MotoGP kerap kali menawarkan aksi-aksi menarik. Adu cepat di lintasan balap ini sekaligus mengasah skill pebalapnya untuk jadi yang terdepan.

Di layar TV, kita sering melihat pebalap MotoGP secara keseluruhan, baik saat duel, salip-menyalip atau aksi unik lainnya. Tapi, ada juga yang membuat penasaran, yakni bagaimana pebalap MotoGP mengoperasikan motornya, terutama saat mengoper gigi motor balapnya.

Laman Facebook salah satu tim MotoGP, Pramac Racing, menayangkan video onboard bagaimana sibuknya kaki kiri pebalap MotoGP saat mengoper gigi ketika ngebut di sirkuit. Dalam video itu, Jack Miller yang menjadi penunggangnya.

Pedal transmisi pada motor balap ini berbeda dengan motor harian pada umumnya. Untuk menaikkan gigi, pebalap tinggal menekan ke depan pedalnya. Kalau mau menurunkan gigi, pebalap mencungkil pedal itu.

Posisi kaki kiri pebalap pun tidak stand by di atas pedal transmisi. Kaki mereka selalu bergerak, terutama saat menikung. Ketika menikung ke kiri, misalnya, telapak kaki bagian depan memijak footstep sepenuhnya sehingga tidak stand by di atas pedal transmisi.

Simak video berikut:
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +