Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 02 November 2017, 16:17 WIB

Tak Kompetitif, Zarco Ogah Pakai Motor Rossi Tahun Depan

Dina Rayanti - detikOto
Tak Kompetitif, Zarco Ogah Pakai Motor Rossi Tahun Depan Johann Zarco di Kualifikasi MotoGP Jepang (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Penampilan motor Valentino Rossi bisa dibilang tak secemerlang jika dibandingkan musim-musim sebelumnya. Ada yang mengatakan salah satu penyebabnya adalah motor Rossi yang kurang kompetitif apalagi jika sedang melaju di trek basah seperti pada gelaran Sepang kemarin. Rossi dan Maverick Vinales sama-sama tercecer di posisi tujuh dan sembilan.

Kondisi ini berbeda dengan tim satelit Yamaha Tech3, lewat Johann Zarco yang beberapa kali tampil menunjukkan motornya bisa membalap di baris depan apalagi saat trek basah. Rossi sudah menyampaikan keluhan akan motornya itu, tapi hingga kini para teknisi di Yamaha belum bisa menyelesaikannya.

Zarco saat ini menggunakan YZR M1 tahun 2016, motor yang sama dengan motor tim Movistar Yamaha musim 2016. Zarco sendiri dikabarkan enggan mengendarai motor yang kini dipakai Rossi, YZR M1 2017, untuk membalap pada musim depan.

"Mengendarai YZR M1 2017 pada kondisi trek basah sangatlah tidak mungkin dan Zarco tidak bodoh (menolak menggunakannya)," kata Rossi seperti dikutip Autosport, Kamis (2/11/2017).

"YZR M1 2016 bekerja lebih baik saat kondisi trek basah, jadi saya mengerti kenapa Zarco tak menginginkan YZR M1 2017 tahun depan," lanjut Rossi lagi.

Zarco sendiri menanggapi Yamaha tak mungkin memberikan motor yang tidak bisa bersaing nantinya karena pasti akan merugikan Yamaha sendiri.

"Jika Yamaha membuat kesalahan dengan motor yang digunakan tahun ini, saya pikir motor itu tak akan diberikan ke Tehc3. Tidak masuk akal untuk Yamaha. Targetnya adalah memiliki empat motor yang bisa kompetitif," jelas Zarco.

Vinales sendiri seolah mengamini omongan Rossi. Dia mengatakan motor YZR M1 2017 tak kompetitif.

"Zarco bakalan memiliki masalah dengan motor yang ada saat ini (YZR M1 2017). Bagaimanapun selalu baik jika memiliki beberapa motor di trek karena bisa memberikan informasi untuk pengembangan motor ke depannya," kata Vinales.

"Sangat baik mendapatkan informasi dari tiga motor daripada hanya dari dua motor saja. Tahun ini data dari motor Zarco tak memberikan apa pun untuk kami," sambungnya lagi. (dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed