Kamis, 07 Sep 2017 12:17 WIB

Mahasiswa Yogya Siap Balapan dengan Mobil Formula Buatan Sendiri

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Garuda UNY Team Foto: Garuda UNY Team
Shizouka -

Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan berupaya mengharumkan nama Indonesia di kompetisi mobil Formula, Student Formula Japan (SFJ).

Kompetisi Student Formula Japan (SFJ) diikuti 98 tim dari 8 negara melakukan proses registrasi di Ecopa Stadium, Shizouka Perfecture, Jepang. SFJ ini adalah kompetisi internasional ketiga yang diikuti UNY setelah sebelumnya GUT berkompetisi di Shell Eco Marathon (SEM) Singapura dan International Student Car Competition (ISCC) di Korea Selatan.

Selasa 5 September 2017 lalu, tim-tim yang berhasil lolos tersebut langsung melakukan persiapan untuk event pertama, yaitu Technical Inspection (TI). TI merupakan event penting karena para juri akan melakukan inspeksi langsung ke kendaraan dengan mengecek kesesuaian kendaraan dengan regulasi yang telah ditentukan. Tim Garuda UNY dengan mobil formula FG-17 tampil cekatan dengan berhasil menyelesaikan proses TI dalam satu hari saja.

Hal ini tentu patut diapresiasi mengingat hari pertama TI hanya ada 30% tim yang lolos, sedang sisanya harus melakukan perbaikan lagi untuk lolos tahap ini. Setelah lolos TI, tim lalu melakukan proses scrutineering, yaitu Tilt Test, Weigh, Noise dan Brake Test.

"Alhamdulilah, pagi ini (6/9) proses scrutineering berhasil terlaksana dengan baik. Dengan keberhasilan proses TI dan scrutineering, kini tim tengah bersiap melakukan kegiatan selanjutnya yaitu presentasi cost report, business logic plan, dan design report," ujar ," ujar Ketua Garuda UNY Teguh.



Setelah presentasi tersebut, tim akan melakukan latihan untuk menghadapi dynamic event, yaitu uji kendaraan di lintasan yang telah ditentukan. Latihan ini dimaksudkan agar kendaraan dan pengemudinya saling menyesuaikan sehingga saat hari-H event, kendaraan melaju mulus dan memperoleh nilai tertinggi.

Formula Garuda 17 (FG 17) merupakan mobil balap dengan bobot 210 kg yang lebih enteng 10 kg dibandingkan bobot kendaraan tahun lalu.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com