Kamis, 27 Jul 2017 14:28 WIB

Asyik, Ada Sirkuit Jalanan di BSD City

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: Hasan Al Habsyi Foto: Hasan Al Habsyi
Tangerang - Sirkuit jalanan tak hanya jadi monopoli di Singapura. Di kawasan BSD City tengah dibangun sebuah sirkuit jalanan. Dari pantauan detikOto, pekerja masih menyelesaikan pembangunan sirkuit.

Di sisi jalan ada pagar pembatas jalan dengan tinggi sekitar 1 meter lebih, di atasnya tengah dipasangi lagi pagar tambahan. Persis mirip jalanan sirkuit.

Karena masih dibangun, tanah merah dari sisi jalan kerap kali berhamburan ke jalan. Rupanya sirkuit ini sudah disiapkan untuk ajang Kejuaraan Balap (Kejurnas) Balap Mobil 2017, 'BSD City Grand Prix'.

Kejurnas tersebut diselenggarakan tiga hari, mulai 18 - 20 Agustus, dalam rangka hari kemerdekaan Indonesia yang ke-72. Sayang sirkuit yang tengah dibangun itu hanya digunakan selama kejurnas berlangsung.

Panjang lintasan sirkuit ini mencapai 3 km dengan arah putaran searah jarum jam dengan lebar antara 9.25 m sampai 10.5 m. Terdapat 12 tikungan pada street circuit ini diantaranya 2 hairpin corner seperti sirkuit Monaco dan 2 chicane corner seperti pada sirkuit Monza, Italia.

"Selebihnya kita kembalikan sebagai fungsi awal, yaitu infrastruktur kota," ujar Head of Corporate Communications Sinar Mas Land, Panji Himawan, saat dihubungi detikOto, Kamis (27/7/2017).

Panji mengatakan, sirkuit tersebut sengaja dibuat dan digunakan hanya untuk seri kejurnas selama tiga hari, karena memang konsep yang telah di tetapkan seperti itu. "Memang konsepnya itu street circuit," katanya.

Sirkuit yang diketuai oleh salah satu pembalap nasional Ananda Mikola ini, sudah siap beroperasi sekitar seminggu sebelum kejurnas dimulai. "Kalau sirkuit sudah akan ready sejak 10 Agustus," ucap Panji.

Pemerintah Kabupaten Tangerang pun sudah mendukung hal tersebut. Beragam fasilitas dan infrastruktur pendukung, seperti rumah sakit, hotel, dan transportasi, menjadi faktor penunjang standarisasi dibangunnya sebuah sirkuit di BSD City.

Selain itu letaknya yang strategis dekat dengan pintu tol dan mudah akses juga menjadi salah satu faktor BSD City ditunjuk sebagai tuan rumah Seri Kejurnas ke-4 ini.

"Ajang otomotif bergengsi yang didukung oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang diharapkan dapat menggenjot sistem perekonomian di kawasan ini. BSD City akan memberikan fasilitas dan infrastruktur pendukung terbaik pada ajang balap mobil yang bertema "BSD City Grand Prix" sesuai dengan standarisasi yang dibutuhkan sebuah sirkuit pada umumnya dan di bangun dengan standart keselamatan yang tinggi," ujar Panji.

"Sebelum nantinya dipakai untuk lomba, BSD CITY CIRCUIT dapat digunakan untuk kegiatan track day atau test drive mulai pada tanggal 10 – 17 Agustus 2017 yang bertepatan dengan penyelenggaraan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017," pungkas Panji.

detikOto kemarin sempat menjajal sirkuit jalanan ini dengan mengendarai mobil Ferrari 488 Spider. Brummm!!! Tapi memang di beberapa spot tak ngebut karena masih banyak pekerja yang bekerja di jalanan. (khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com