Rabu, 01 Mar 2017 15:50 WIB

Formula 1

Apa yang Baru di Mobil F1 McLaren Honda?

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Honda Foto: Honda
Jakarta - Menyambut musim 2017, tim-tim balap Formula 1 tengah menggelar tes di Barcelona. Setelah mengintip teknologi Ferrari yang lebih cepat dari Mercedes dalam testing di Barcelona, kita melihat mobil balap lainnya yakni McLaren Honda.

Dalam siaran pers Honda, mobil balap terbaru McLaren Honda diberi nama MCL32. Mobil McLaren Honda MCL32 menggunakan mesin (power unit) Honda V6 bertenaga 1.6 liter dengan kode mesin RA617H.



Mesin (power unit) ini dilengkapi dengan turbocharger, serta teknologi kinetic and thermal energy recovery systems (ERS-K) sesuai dengan regulasi balap dari FIA.

Apa yang Baru di Mobil F1 McLaren Honda?Foto: Honda


Tim McLaren Honda menggunakan desain livery yang baru pada musim balap F1 2017, yaitu menggunakan paduan warna oranye dan hitam, serta sedikit sentuhan warna putih. Sementara untuk kode sasis yang digunakan juga benar-benar baru karena tidak melanjutkan tradisi MP4 seperti tahun-tahun sebelumnya.

Apa yang Baru di Mobil F1 McLaren Honda?Foto: Honda


Jajaran manajemen tim McLaren Honda terdiri dari Zak Brown yang ditunjuk sebagai Chief Executive Officer baru, kemudian Eric Boullier sebagai Racing Director, Yusuke Hasegawa sebagai Senior Managing Officer & Chief Officer of Motorsport Honda R&D Co Ltd, Tim Goss sebagai Chief Technical Director, Peter Prodromou sebagai Chief Engineer serta Matt Norris sebagai Director of Engineering.

Apa yang Baru di Mobil F1 McLaren Honda?Foto: Honda

Tim McLaren Honda mempunyai susunan pebalap baru, yaitu Fernando Alonso dan Stoffel Vandoorne sebagai pembalap utama untuk musim balap F1 2017 ini.

Fernando Alonso menjalani musim ketiganya bersama tim McLaren Honda, sementara Stoffel Vandoorne akan menjalani musim balap F1 perdananya secara penuh setelah pada musim lalu turun di GP Bahrain 2016 menggantikan Fernando Alonso yang cedera. Stoffel berhasil finis ke-10 dan mempersembahkan poin perdana untuk tim McLaren Honda musim lalu.

Tim McLaren Honda MCL32 akan menjalani tes perdana pada sesi tes pra musim resmi yang akan digelar pada tanggal 27 Februari hingga 2 Maret 2017 di Sirkuit Catalunya, Spanyol. Sesi tes kedua masih diselenggarakan pada tanggal 7 hingga 10 Maret 2017 juga di tempat yang sama. Rangkaian sesi tes pra musim ini adalah bagian dari persiapan tim untuk menghadapi musim balap F1 2017 yang akan dimulai pada tanggal 26 Maret 2017 di Australia.

Adapun Jenson Button masih menjadi bagian dari tim McLaren Honda, kini ia berperan sebagai pebalap penguji serta advisor untuk tim. Sementara Nobuhara Matsushita kembali ditunjuk sebagai pembalap penguji. Pebalap muda Lando Norris dipilih tim sebagai bagian dari Young Driver Development Programme.





(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Toyota Merek Mobil Paling Bernilai

    Toyota Merek Mobil Paling Bernilai

    Rabu, 20 Jun 2018 08:19 WIB
    Toyota menduduki peringkat pertama sebagai merek mobil yang paling bernilai. Produsen asal Jepang ini ditaksir memiliki nilai seharga USD 29,9 miliar.
  • Mercy Uji SUV Listrik

    Mercy Uji SUV Listrik

    Rabu, 20 Jun 2018 08:11 WIB
    Mercedes-Benz mulai menjajal performa mobil listrik EQC di jalanan yang cukup ekstrem. Crossover EQC dites di sebuah tempat di Iberia, Spanyol.
  • Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Selasa, 19 Jun 2018 20:43 WIB
    Produsen mobil mewah Jerman, Audi, menunjuk Abraham Schot sebagai pengganti CEO Rupert Stadler yang ditahan oleh Kejaksaan Munich.
  • Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Selasa, 19 Jun 2018 19:18 WIB
    Kapten Timnas Inggris, Harry Kane, menjadi pahlawan buat Inggris. Bicara soal mobil, si kapten rupanya suka mobil keluarga, atau mobil SUV.
  • Kursi Bambu Pemudik Motor

    Kursi Bambu Pemudik Motor

    Selasa, 19 Jun 2018 17:19 WIB
    Meski tidak disarankan, pemudik masih banyak yang menggunakan motor. Agar lebih nyaman mudik, mereka memodifikasi motornya.