Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 28 Aug 2016, 21:14 WIB

GP Belgia

Rosberg Menangi GP Belgia yang Penuh Insiden di Awal Balapan

Rifqi Ardita Widianto - detikOto
Rosberg Menangi GP Belgia yang Penuh Insiden di Awal Balapan Foto: Getty Images Sport/Mark Thompson
Spa - Nico Rosberg tampil sebagai juara dalam balapan GP Belgia. Driver Mercedes itu memimpin sejak start dan tak terganggu sejumlah insiden yang mewarnai di awal.

Dalam balapan di Sirkuit Spa-Franchorchamps, Minggu (28/8/2016) malam WIB, Rosberg yang start dari posisi terdepan langsung melesat selepas balapan dimulai. Sementara tiga pebalap di belakangnya yakni Max Verstappen, Kimi Raikkonen, dan Sebastian Vettel saling bersenggolan.

Ketiganya pun kehilangan banyak waktu. Insiden lain juga menimpa driver Toro Rosso Carlos Sainz yang ban belakang sebelah kanan dari mobilnya meletus, membuatnya tak mampu melanjutkan balapan.

Di putaran lima, kecelakaan besar menimpa pebalap Renault Kevin Magnussen yang menabrak tumpukan ban di dinding pembatas dalam kecepatan tinggi. Mobilnya hancur, tapi Magnussen mampu keluar dari mobil dengan sendirinya dan berjalan meski agak sempoyongan.

Rosberg nyaris tak tersentuh sepanjang balapan hingga akhirnya memenangi balapan dengan pebalap Red Bull Daniel Ricciardo mengikutinya di posisi dua. Sementara itu rekan setim Rosberg, Lewis Hamilton, tampil cemerlang untuk finis ketiga di balapan ini meski start dari posisi belakang.

Dengan hasil ini, Hamilton masih memimpin klasemen kejuaraan dunia dengan nilai 232. Di belakangnya adalah Rosberg dengan 223 angka dan Ricciardo dengan 151 poin.

Jalannya Balapan

Insiden langsung mewarnai selepas start. Rosberg berhasil melesat di depan, tapi tiga pebalap di belakangnya yakni Max Verstappen, Kimi Raikkonen, dan Sebastian Vettel saling bersenggolan.

Akibat senggolan itu, Vettel melintir sementara Verstappen dan Raikkonen mengalami kerusakan pada sayap depan dan langsung masuk ke pit. Di area lain, Jenson Button dan Pascal Wehrlein juga terlibat insiden. Keduanya turut masuk pit, meski pada prosesnya sama-sama tak melanjutkan balapan.

Tak lama kemudian, Carlos Sainz juga menuntaskan balapan lebih dini. Ban belakang sebelah kanan mobilnya meletus, pecahan karetnya menyangkut dan merusak sayap belakang.

Di putaran lima, Rosberg memimpin balapan diikuti Nico Hulkenberg dan Daniel Ricciardo. Fernando Alonso dan Lewis Hamilton yang start dari belakang sudah ada di urutan 10 dan 11.

Kevin Magnussen mengalami kecelakaan hebat di lap ini. Melintasi tikungan Eau Rouge, Magnussen kehilangan kendali mobilnya dan menabrak tumpukan ban dalam kecepatan tinggi. Beruntung Magnussen mampu keluar sendiri dari mobilnya meski tampak sedikit sempoyongan.

Karena insiden itu, pagar pembatas di lokasi tabrakan rusak parah. Bendera merah pun pada prosesnya dikibarkan untuk memberikan waktu perbaikan pada dinding. Urutan pebalap di posisi ini adalah Rosberg, Ricciardo, Hulkenberg, Alonso, Hamilton, Massa, Perez, Kvyat, Palmer, Grosjean, Vettel, Bottas, Gutierrez, Verstappen, Ocon, Nasr, Raikkonen.

Selepas restart, Rosberg mulai membuka jarak dengan unggul 1,5 detik dari Ricciardo. Keduanya langsung menjauh dengan gap 3,9 detik dari Hulkenberg. Sementara Hamilton berhasil melewati Alonso untuk merebut posisi empat.

Hamilton kembali memperbaiki posisinya di putaran ke-17. Dia melewati Hulkenberg untuk menempati posisi tiga, di belakang Rosberg dan Ricciardo. Hamilton sempat turun ke posisi-9 karena masuk pit di putaran ke 21, tapi kemudian berhasil kembali ke urutan tiga menyusul masuknya sejumlah pebalap ke pit.

Rosberg semakin nyaman memimpin di depan.Pada putaran ke-30, dia sudah unggul lebih dari 10 detik dari Ricciardo. Berturut-turut di belakangnya adalah Hamilton, Hulkenberg, Perez, Alonso, Massa, Vettel, Bottas, dan Raikkonen di 10 besar. Sementara Verstappen berada di posisi 13 pada titik ini.

Pergantian ban di putaran ke-33 sempat membuat Hamilton turun satu posisi ke urutan empat, di belakang Rosberg, Ricciardo, dan Hulkenberg. Namun itu tak bertahan lama, di mana pada putaran berikutnya Hamilton mampu merebut kembali urutan tiga. Vettel sempat melakukan serangan ke Massa untuk merebut posisi tujuh, tapi Massa bertahan dengan baik.

Di lap ke-35, Vettel berhasil melewati Massa dan Alonso untuk menempati posisi enam. Di titik ini, Rosberg masih memimpin dengan Ricciardo, Hamilton, Hulkenberg, Perez, Vettel, Alonso, Massa, Bottas, dan Raikkonen mengikuti.

Bottas berhasil melewati Massa di putaran ke-40 untuk merebut posisi delapan. Massa kemudian kembali dilewati, kali ini oleh Raikkonen pada putaran ke-42.

Tak ada perubahan posisi sampai ke putaran 44 yang merupakan putaran terakhir. Rosberg memenangi balapan, diikuti Ricciardo dan Hamilton.

Hasil Balapan GP Belgia


(raw/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed